Oleh: ekoyw | Juni 27, 2011

Jogja ke Surabaya

Apa enaknya tinggal di Jawa? Salah satunya adalah sarana transportasi yang mudah plus banyaknya desa/kota yang dilewati sehingga ga bakalan terlalu pusing jika kendaraan yang dipakai mengalami gangguan.

Salah satu rute yang paling sering aku lalui adalah dari Jogja ke Surabaya atau sebaliknya. Ada beberapa pilihan. Pertama yang cepat tentu naik pesawat. Kedua kereta api dan terakhir bis atau travel.

Untuk kereta api, pilihannya mulai dari kelas Eksekutif seperti Sancaka sampai yang ekonomi. Sancaka biasa berangkat dua kali yakni pagi sekitar  jam 07:30 dan sampai tujuan sekitar jam 12:00. Serta sore jam 16:00 dan sampai tujuan sekitar jam 21:00.  Dari Surabaya keberangkatan dari Stasiun Gubeng dan Stasiun Tugu di Jogja. Pengalamanku naik kereta ini, relatif tidak ada keterlambatan yang berarti karena jalur Jogja – Surabaya menurutku tidak sesibuk jalur ke arah Jakarta.

Untuk bis, boleh dibilang ini adalah jalur gemuk yang hampir 24 jam kita dapat menemukan bis jalur ini. Untuk kelas ekonomi, ada Sumber Kencono, Mira dan beberapa bis AKAS yang rata-rata ambil jurusan ke Jember/Banyuwangi tetapi juga lewat jalur ini. Setahuku ada beda jalur sedikit, AKAS tidak melewati Madiun. Jadi dari Caruban langsung belok ke Karang Jati tembus ke Ngawi.  Soal kenyamanan, bisa dibilang tidak terlalu sulit mencari bis AC meskipun kelas ekonomi di jalur ini. Pada hari biasa, bis – bis ini cenderung kosong. Saat mudik Lebaran, baru ketika masuk wilayah Jawa Timur bis-bis ini mulai dijejali penumpang.

Untuk kelas PATAS, pemainnya ada Eka Cepat, AKAS dan Jaya Utama. Tetapi setahuku sudah lama tidak ketemu patas AKAS dan Jaya Utama. Penguasa tunggal yaa bis Eka. Bis ini tidak berangkat 24 jam. Kalau nggak salah, antara jam 05:00 sampai sekitar pukul 23:00 – 00:00. Bisnya nyaman meski tempat duduk agak mepet antar barisan kursi dan sepertinya tidak cocok disebut Cepat karena relatif nyantai jalannya. Pertama naik bis ini sekitar tahun 1998 ketika tarif patas masih sekitar 15 rb. Waktu tempuh Jogja – Surabaya sekitar 6-7 jam jika perjalanan siang hari. Dan sekitar 5-6 jam jika malam hari. Untuk rute, bis ini dari Surabaya – Jombang – Nganjuk – Caruban – Karang Jati – Ngawi-Solo- Jogja dengan istirahat makan di Rumah makan Duta Ngawi. Meskipun biasa di sebut bis Patas dan tidak mengambil penumpang di jalan tetapi bis ini bisa kita cegat di jalan jika kondisi bis sedang kosong. Mungkin ini sebabnya bis ini hanya mengambil kata Cepat dan tidak menggunakan terbatas.

Soal pilihan, aku lebih sering naik bis Eka ini dibanding moda angkutan lain. Bisnya yang nyaman, kru bis yang ramah, kondisi bis yang bersih, waktu keberangkatan antar bis yang tidak terlalu lama, tarif yang terjangkau dan ada servis makan yang menjadi pilihan.  Tak heran bis ini menjadi rebutan dan penumpang sampai antri di keberangkatan saat puncak arus mudik Lebaran sementara bis-bis ekonomi malah sering meninggalkan Terminal Bungurasih dalam keadaan kosong.

About these ads

Responses

  1. Nek aku biasane Jogja – Suroboyo numpak SK alias Sumber Kencono mas … 6 jam wae …. :D

    Saiki krungu-krungu sebagian armadane wes ganti jeneng dadi Sumber Selamat …

    • Hehehee…… pancen top bgt SK iki !!!!! Padahal status e bis bumel tapi ngalah-ngalahi sing PATAS.
      Sing numpak enak, sing wedi yooo sing papasan nyang dalan.
      Iyo, sebagian armadane ganti jeneng dadi Sumber Selamat…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 711 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: