Oleh: ekoyw | April 13, 2010

Transportasi Darat Sumatera Vs Jawa

Jika bicara tentang transportasi di Sumatera, sebenarnya tidak jauh beda dengan di Jawa. Dengan infrastruktur jalan yang terbagus di luar Jawa maka hampir semua moda transportasi ada di Sumatera, khususnya Sumatera Selatan.

Namun karena letak antar kota yang berjauhan, populasi yang tidak sepadat Jawa maka transportasi di sini pun tidak seramai di Jawa. Sebagai perbandingan, dari Lubuk Linggau – Palembang sepanjang sekitar 300 km (sama dengan jarak Surabaya – Jogja) hanya melewati kota Sekayu (ibukota kab Musi Banyuasin) yang sepi dan Pangkalan Balai (ibukota kab. Banyuasin) yang lumayan ramai karena dilewati jalan lintas timur Sumatera.  Atau hanya melalui Empat Lawang, Lahat, Muara Enim dan Prabumulih jika lewat selatan. Bandingkan dengan Surabaya – Jogja yang melewati : Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Sragen, Solo dan Klaten.

Surabaya – Jogja bisa ditempuh menggunakan bis selama 24 jam dengan berbagai pilihan, bisa menggunakan travel, kereta api bahkan pesawat. Sedangkan Lubuk Linggau – Palembang hanya bisa menggunakan travel jika lewat Sekayu atau Kereta Api jika lewat Muara Enim.

Kereta api ini pun sering harus ‘mengalah’ jika bertemu kereta batubara rangkaian panjang (Babaranjang) meskipun kereta yang kita naiki kelas eksekutif  sehingga dari keberangkatan kereta eksekutif jam 21:00 dan dijadwalkan masuk pukul 04:30 tidak jarang harus molor jam 06:00 baru masuk. Catatan waktu ini hampir sama dengan Argo Bromo Jakarta – Surabaya yang berjarak sekitar 800 km, dua kali lipat jarak tempuh kereta api Lubuk Linggau – Palembang.

Pilihan kedua adalah Travel. Untuk yang satu ini boleh dibilang Sumatera lebih unggul daripada Jawa. Mobil travel Lubuk Linggau – Palembang hampir semuanya jenis mobil kijang Innova, jelek – jelek dapat Avanza. Mobil travel Mitsubishi L300 yang sering ditemui di Jawa, kelas – kelas minibus, hampir tidak pernah ditemui di jalan. Malah beberapa trayek, seperti Palembang – Lampung menggunakan Toyota Fortuner !!!! Gila kan? padahal di Jawa mobil – mobil ini dielus-elus dan disayang sama yang punya.

Waktu tempuh rata-rata 5-6 jam dengan jarak 300 km. Bandingkan jika naik bis patas Eka Surabaya – Jogja yang menghabiskan waktu 7-8 jam. Waktu tempuh tersebut sebetulnya tidak istimewa mengingat jalan di Sumatera yang lebih sepi daripada di Jawa sehingga kita kecepatan 80 km/jam kita rasakan seperti 40 km/jam jika di Jawa. Meskipun ada beberapa titik terdapat jalan yang buruk tetapi ada juga yang puluhan km jalan di Sumatera yang mengalahkan mulus dan lancaranya jalan tol terbaik di Jawa. Sebagai contoh jalur Lubuk Linggau – Sarolangun, Jambi sekitar 140 km bisa ditempuh dalam waktu 2 jam !! Karena jalan yang lurus, mulus dan sepiiii….

Pilihan naik bis ??? Tidak semua kota di sini memiliki transportasi bis AKAP/AKDP. Rata – rata yang adalah bis antar pulau yang merajai jalanan. Bis-bis AKAP biasanya hanya terdapat di sekitar ibukota provinsi dan menghubungkan dengan kota – kota terdekat dengan ibukota provinsi tersebut atau dengan ibukota provinsi lain. Bis ini pun besarnya sekelas dengan bis metromini/kopaja di Jakarta atau jika di Jawa sekelas dengan bis pedesaan/bis antar kabupaten. Di Lubuk Linggau, hanya ada 1 PO bis Waspada yang tiap hari berangkat ke Bengkulu yang berjarak sekitar 150 km.

Sedangkan bis – bisa antar pulau, sama dengan di Jawa karena yaa banyak juga PO di Jawa yang melayani sampai ke ujung Sumatera. Kondisi bisnya pun ada yang bagus kelas eksekutif ataupun kelas bumel seperti di Jawa.

Sehingga naik transportasi di Sumatera tinggal pilihan kita. Mau cepat dan nyaman atau mau merasakan menjadi petualang sejati ???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: