Oleh: ekoyw | Juli 2, 2010

Perumahan Islami…

Bagi para pasangan muda yang sudah mulai mapan, kebutuhan rumah tentu satu hal yang dipikirkan. Demikian juga dengan saya. Meski karena penugasan sehingga belum tahu di kota mana nanti akan menetap.

Salah satu yang menjadi keinginan ketika memilih perumahan adalah adanya sarana ibadah, syukur-syukur bisa dapat rumah yang di dekat Masjid. Syukur-syukur pula bisa mendapatkan perumahan yang Islami dimana fasilitas-fasilitas untuk kegiatan rohani ada, mulai dari tempat ibadah sampai pendidikan buat anak – anak.

Eksklusif ??? Pertama adalah menjadi hak, sekaligus kewajiban kita sebagai orang tua, untuk mendapatkan lingkungan yang bagus buat rumah dan anak-anak kita. Kedua, yang sering membuat saya heran adalah seringnya hal – hal yang berbau Islam dicap ‘Eksklusif’. Bukankah perumahan Islami sama dengan Kampung Padang, Kampung Jawa dan kampung – kampung yang lain. Selain itu masyarakat di perumahan/kampung seperti ini biasanya juga bukan merupakan satu kesatuan yang terikat solid tetapi masih memungkinkan terjadinya percampuran budaya dengan masyarakat lain.

Masalahnya kebanyakan pengembang sekarang jarang memperhatikan fasilitas umum apalagi menyediakan tempat ibadah bagi penghuninya. Jika pun ada, biasanya tempatnya juga nyempil. Dari beberapa hasil googling, hanya terdapat 1-2 perumahan yang di denahnya terdapat masjid.

So…. selain faktor harga, kualitas rumah, sarana perumahan, jarak, kondisi lingkungan, keamanan, dll sepertinya masih perlu ditambahkan lagi satu faktor yakni aspek religi. Ada nggak yaaa ????


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: