Oleh: ekoyw | Juli 23, 2010

Beda Garuda dan Maskapai lain

Tadi malam, tiba – tiba istri bertanya, ” Memang apa se kelebihan naik Garuda dibandingkan maskapai lain? Lha wong pesawatnya juga sama, malah beberapa rute masih lebih besar pesawat Lion Air.” Akhirnya hanya jawaban kenyamanan, ketepatan waktu dan perasaan lebih aman yang keluar dari lidah saya.

Percakapan di atas terjadi setelah kami berhasil booking tiket untuk mudik Lebaran besok. Dari hasil survey ke situs-situs maskapai dan telepon ke call centernya, ternyata didapatkan tiket murah dari Garuda. Sebetulnya murah karena dari Palembang – Jakarta masih dibuka tiket promo. Sedangkan dari Jakarta – Jogja sudah habis tiket promonya.  Jadi boleh dibilang kami juga terlambat membeli sehingga kehabisan tiket promo Jakarta – Jogja. Sementara dari situs maskapai lain malah sudah mahal – mahal harganya.

Garuda di Bandara Soekarno - Hatta, Jakarta

Dalam persaingan antar maskapai tahun – tahun terakhir ini, memang acungan jempol layak diacungkan ke maskapai plat merah satu ini. Meskipun tarif normalnya hampir selalu di atas rata-rata maskapai lain tetapi boleh dibilang pelanggannya tidak berkurang. Beberapa perusahaan nasional malah menjadikan Garuda sebagai flight carrier, menjadi standar perusahaan jika harus bepergian menggunakan pesawat.

Apa sich keunggulan Garuda dibanding maskapai lain?

  1. Yang pertama jelas ketepatan waktunya. Beberapa maskapai bahkan sudah terkenal dengan keterlambatannya.  Saya pernah dijadwalkan berangkat dari CGK – BKS jam 16:30 tetapi baru berangkat pukul 18:30. Lumayan kesal juga mengingat dari bandara tujuan masih harus menempuh perjalanan 4 jam. Sehingga tengah malam baru sampai tujuan.
  2. Kenyamanan, meskipun jarak antar bangkunya tidak seberapa signifikan dan masih terasa rapat, hidangan yang disajikan di dalam pesawat cukup untuk mengganjal perut selama penerbangan. Beberapa maskapai malah hanya menyediakan air mineral atau bahkan hanya membagikan permen.
  3. Meskipun pramugari Garuda rata-rata sudah ‘berusia’ tetapi kesan profesional terasa dalam memberikan layanan ke pelanggan. Meski maskapai lain menggunakan wajah – wajah fresh tetapi kesan masih belajar kadang masih tertangkap.
  4. Keamanan. Maskapai ini bukannya tidak luput dari kecelakaan. Ingat kecelakaan di Jogja beberapa tahun yang lalu. Tetapi kejadian tersebut tidak membuat penumpangnya menurun. Lagi – lagi profesionalitas keamanan, ketersediaan GMF (Garuda Maintenance Facilities) sebagai ‘bengkel’ pesawat Garuda seolah – olah menjadi jaminan tersendiri bahwa pesawat Garuda selalu ‘ganti oli’ dan ‘masuk bengkel’ pada waktunya. Beberapa tahun yang lalu malah ada berita yang menyebar melalui email bahwa sebuah maskapai malah hanya menggunakan ‘selotip’ untuk menambal bagian pesawat yang rusak.
  5. Pengakuan internasional. Pengakuan Uni Eropa dengan membolehkan maskapai ini boleh mendarat di sana juga menunjukkan kualitas maskapai ini.  Terlepas dari berbagai isu terkait larangan terbang ke Eropa, penerimaan ini adalah suatu prestasi tersendiri mengingat ketatnya standar yang diterapkan di sana.

Di samping perbaikan di sisi manajemen, sepertinya hal – hal di atas lha yang membuat Garuda tetap eksis dan bahkan meraih laba setelah beberapa tahun terus merugi meskipun digempur dengan bermunculannya maskapai – maskapai baru dan jor-joran harga.

Sepertinya strategi yang diterapkan Garuda, walau serupa tetapi tidak sama, bisa diterapkan ke bisnis lain. Seperti misalnya bagaimana operator seluler bisa terus maju dengan ‘tampil beda’ dan tanpa ikut perang tarif tetapi bisa memenangkan kompetisi yang ada. Ehhhmmmmm…… bisa nggak yaa?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: