Oleh: ekoyw | Agustus 24, 2010

Crystal Report in C#.NET : Problem instalasi sisi Client

Mungkin judul di atas kurang tepat. Tulisan ini hanya salah satu problem yang mungkin terjadi berdasarkan pengalaman penulis saja.

Beberapa waktu lalu software yang aku buat menggunakan Visual Studio 2005 dengan C#.NET dan database MySQL serta ada report menggunakan Crystal Report selesai aku update. Aku pun bermaksud untuk mencobanya. Di PC ku sendiri, yang notabene, juga sebagai server database semua berjalan lancar. Crystal Report berhasil di-loading dengan hasil sesuai harapan.

Masalah muncul ketika software tersebut aku jalankan di PC lain yang terhubung ke jaringan. Masalahnya adalah saat loading Crystal Report.  Tampil pesan yang sangat panjang yang intinya menyebutkan tidak ditemukannya beberapa engine Crystal Report sehingga report tidak bisa di-loading.

Setelah browsing sana – sini maka yang aku lakukan terdiri dari 2 bagian, yakni bagian perbaikan file setup dan sisi database untuk koneksi Crystal Report ke Database server.

Saat pembuatan setup file aku tambahan beberapa pre-requisites.  Caranya adalah : Klik Project dan pilih myProject Properties. myProject adalah nama sembarang dari nama project yang akan kita buat setup file-nya.  Setelah tampil window baru, klik tombol prerequisites maka akan tampil window baru. Aku memilih menambahkan beberapa di bawah yakni :

  • Microsoft Data Access Components 2.8
  • Crystal Report for .NET Framework 2.0
  • Microsoft Visual Studio 2005 Report Viewer
  • .NET Framework 2.0, untuk yang terakhir ini sebetulnya tidak ada hubungannya dengan Crystal Report. Tetapi karena software kita berbasis .NET maka komponen ini harus diikut sertakan.

Pada bagian Specify the install location for prerequisites aku memilih Download prerequisites from the same location as my application.

Setelah kita build setup file ini maka saat kita instalasi di PC yang benar – benar belum pernah kita install aplikasi kita maka semua komponen prerequisites tersebut juga akan di-install.

Masalah dengan instalasi selesai.

Kemudian agar Report di PC Client bisa berhubungan dengan database yang menggunakan MySQL, aku menginstall MyODBC-3.51.11-2-win.msi yang akan menjadi driver MySQL di ODBC.

Setelah instalasi MyODBC, tinggal buka ODBC (Control Panel-Administrative Tools – Data Sources (ODBC)).  Setelah window ODBC muncul, klik tab System DSN dan klik Add. Akan muncul window Create New Data Sources. Pilih MySQL ODBC 3.51 driver dan klik finish.

Pada window Connector ODBC kita tinggal memasukkan parameter databasenya, seperti : Servernya dimana, username-nya apa, passwordnya apa, database yang akan diakses apa, dll.  Sebagai catatan, untuk  Data Source Name, berilah nama yang sama dengan nama Data Source yang dibuat di Crystal Report saat coding. Setelah selesai jangan lupa untuk klik Test. Jika semua parameter OK, harusnya tidak ada masalah.

Done….. setelah semua selesai, report yang aku buat di Crystal Report bisa juga dibuka di-PC client yang terhubung ke PC-ku sebagai database servernya.


Responses

  1. allow pak eko..saya suka sama artikel ini, kebetulan saya punya masalah yang sama. saya baru mau coba ni. kalo ada trouble, mohon bantuannya ya:)

    • Sebetulnya sumbernya dari google semua…:D
      Tinggal googling, coba sana-sini, terus rangkum dalam tulisan. Yang penting tetap tekun mencari dan mencoba dari Google.

  2. pak eko..instalasi saya berhasil di komputer client, tapi ada yang kurang, report viewernya tidak berjalan.kebetulan saya pake database sqlserver express. kira2 apa ya yang mesti saya tambahkan lagi pada prerequisites? mohon bantuannya pak:)

    • Wah…. Saya belum pernah coba Crystal Report di SQLServer😀
      Jika saya pakai database SQL Server, reportnya biasanya saya pakai SQL Server Reporting Service (SSRS).
      Untuk yang ini saya pernah coba, dan tidak menemui kendala seperti di tulisan saya ini.
      Bisa di-copy paste-kan error message-nya apa? Paling gampang, error message-nya di-copy paste-kan di mbah Google, insyaAllah ada jawabannya😀


Tinggalkan Balasan

Kategori

