Oleh: ekoyw | Oktober 22, 2010

Trioburulu Radio Suzana

Mudik lebaran kemarin, ada satu kejutan indah yang terjadi.  Bunali, Mbah Wonokairun, Brodin, The Ing Han, Wan Abud, dkk kembali siaran di acara Trioburulu di Radio Suzana, Surabaya.  Bagi yang sering baca file pdf dengan nama file Guyonan Suroboyoan yang banyak bertebaran di internet, pasti tahu nama 3 tokoh pertama. Yup, boleh dibilang Guyonan Suroboyoan ini ‘terinspirasi’ dengan tokoh – tokoh tersebut yang muncul di acara Trioburulu.

Bung Victorio

Asal tahu saja, semua nama – nama tersebut diperankan oleh satu orang saja, yakni Bung Kaisar Victorio atau yang memiliki nama asli Ahmad Affandi. Nama Victorio ini karena dulu, sekitar tahun 1980 – 1990 an, semua penyiar Radio Suzana berakhiran huruf  “O” seperti : Victorio, Dino, Nino (yang nama aslinya Ria Enes), Mario, Sisco dll. Keahlian memiliki karakter suara lebih dari satu orang ini juga bukan hanya keahlian Bung Kaisar sendiri. Sebut saja Ria Enes dengan suara centil Susan. Insap Andy Laahh Yaaawwww, yang jelas bukan kembaran Andy Lau hehehe, dengan suara bocah kentir Muncil dan Mbah Takrip yang juga sama gendhengnya dengan Wonokairun.

Trioburulu sendiri adalah paduan kata “Bu” untuk Bunali, “Ru” untuk Rumina saat diperankan Ria Enes atau Rukayah saat diperankan Nungky “Mak Bongky JTV”, dan “Lu” untuk Lumut yang diperankan Mbak Sisco. Meski demikian para pemainnya paling 3 – 6 orang saja. Namun jangan salah, meskipun cuma tiga orang bisa terdengar sampai 10 karakter yang sedang main. Hal ini karena keahlian penyiarnya yang mengeluarkan karakter-karakter lain. Seperti misalnya Bung Victorio yang bisa memainkan karakter Bunali, Mbah Wonokairun, Seleh, Brodin, Tee Ing Han, Wan Abud dan Joko Bodo. Total ada 7 karakter..!!!!

Trioburulu

Selain penyiar Radio Suzana, salah satu keunikan Trioburulu adalah menggandeng juga beberapa seniman tradisional, terutama Ludruk. Sebutlah misalnya nama Sokran, seorang seniman Ludruk Kelompok Alm Basman dan Kartolo. Juga ada Alm Susi Sunaryo dan sekarang ini adalah Jhuzz dan Sapari. Nama terakhir masih satu grup dengan Kartolo dan Sokran serta sekarang biasa tampil di JTV setiap Minggu malam. Tampilnya seniman – seniman Ludruk ini membuat banyolan acara ini terasa segar dan penuh dengan suasana Suroboyoan.

Para karakter Trioburulu juga mewakili beragam etnis yang ada di Surabaya. Mulai Jawa, Madura, Arab, Tionghoa terwakili di sini. Juga mulai laki – laki, anak, perempuan sampai banci pun ada.

Sifat tiap karakter pun berbeda – beda, seperti : Mbah Wonokairun yang sok ngerti dan sok muda, Muncil si anak kecil yang ndablek. Brodin yang sok tahu, Bunali yang ditampilkan seolah pemuda yang tampan dan berpendidikan, dll.

Aku mendengarkan acara Trioburulu ini sudah sejak SD, sekitar akhir 80 – an.  Dari dulu, boleh dibilang tidak ada perubahan acara. Diputar setiap pukul 15:15 sampai 16:00 WIB. Berisi drama kehidupan biasa masyarakat Surabaya dengan penuh kekonyolan dan kenaifan. Salah satu tema cerita yang paling sering muncul adalah kesalahpahaman dalam memahami kata.

Misalnya cerita berjudul “Penambangan”. Mengisahkan sebuah keluarga dengan anak gadis cantik. Sang anak, sebut saja namanya Rukayah, sedang menjalin cinta dengan pemuda bernama Insap. Kepada kedua orang tuanya, Sapari dan Lumut, Rukayah bilang jika pemuda pujaannya ini bekerja di penambangan. Tentu hati orang tua siapa yang senang mendapatkan mantu kerja di penambangan. Bayangan materi berlipat pun terus terbayang. Singkat cerita, acara mantenan pun disiapkan. Dan singkat cerita pula, bataallll…… Kenapa??? karena Insap ternyata bukan bekerja di perusahaan tambang seperti Freeport, Inco, dll. Tetapi dia bekerja di perahu yang menyeberangkan orang dari satu sisi sungai ke sisi yang lain dengan bantuan seutas tali tambang. Jenis pekerjaan ini di Surabaya disebut “Tambangan” dan pekerjanya di sebut “Penambang” hehehe…. Hancur lha hati si Insap…

Jalan cerita yang sama misalnya dengan judul “Penyuluhan”. Tetapi bukan pekerjaan penyuluhan pertanian atau perkebunan. Tapi pencari kodok di sawah setiap malam,  yang dulu biasanya menggunakan obor atau suluh. Sehingga orang menyebutnya “Nyuluh Kodok”. Diotak – atik ke Bahasa Indonesia, jadilah Penyuluhan…. hehehe…

Menurut beberapa sumber, ide atau tema cerita ini tidak disiapkan berhari – hari sebelumnya. Bahkan katanya ada cerita yang sampai saat akan on air belum ketemu idenya. Akhirnya yaa cerita mengalir saja saat on air dan membentuk tema sendiri.

Saking lamanya acara ini, menurut blog Kaisar Victorio sejak tahun 1975, penggemarnya pun beragam. Sampai – sampai pada tahun 2002 – 2003 an, pendengarnya sempat protes karena mendengar kabar acara ini akan dihentikan. Bahkan mereka sanggup urunan jika tidak ada yang mensponsori acara ini.

Begitu lha acara ini. Sayangnya Radio Suzana belum bisa didengarkan secara online via radio streaming internet maupun via Satelit. Sangat disayangkan, karena para pendengar Radio ini boleh dibilang sekerang sudah menyebar kemana – mana, baik orang Surabaya sendiri yang merantau ke daerah lain maupun misalnya mahasiswa yang pernah kuliah di Surabaya yang kemudian menyebar juga ke daerah yang lain.

Update :

Innalillahi wa innailaihi raji’un, Sri Hoenoen Ontowati alias Mak Bongky alias Nungky Nena alias Rukayah telah berpulang ke rahmatullah tadi malam, Minggu, 3 Februari 2013 pukul 23.43.  Berikut sedikit tulisan tentang beliau.


Responses

  1. Salam kenal dari Kota Jayapura. Bung ada download-tanya acara Trio Burulu dari awal muncul sampai skarg?

    • Kalo dari awal sampai akhir gak ada Pak……
      Cuma beberapa kali jika lagi mudik beberapa tahun terakhir, saya suka puter dan rekam pake hp.
      Jadi yaaa kualitas rekamannya tidak begitu baik. Jika mau, bisa saya kirim via email.

      • tolong dikirim k email saya bojinover@ne.its.ac.id pliss ya pak🙂..,kangen ni m trio burulu

  2. Wis tak kirim Cak !!!
    File amr, sampeyan convert dewe nyang mp3. Nek ukuran mp3 ne lumayan gede.
    Sepurane nek kualitas rekamane elek.

    • oke pak suwun bangetzz..,iki sambil download🙂

      • Podo-podo Cak !!!!! Nek duwe rekaman liyane, yoo monggo di-sharing😀

  3. Ikii Om emailku. wahyu.shinta@rocketmail.com
    Dari 2002 sampe skrg tdk dengarkan Trio Burulu, kuangennnn polll

  4. saya ardi disurabaya,lahir 1979
    saya sangat mnyukai suara bung victorio sejak SD kelas 2,dikarenakn kepiawaian beliau dlm gonta ganti suara,dan yg pasti Ngulucunya itu lo yg bikin saya ngakak smp perut mulez.
    Tp baru kali ni saya tau wajah beliau.
    O iya,saya jg pengen tau wajah rekan2 beliau,spt :
    -mas boy
    -pak jus
    -Titin
    Suwun….

    • Halo Cak Ardi…
      Setahuku, mas boy alias insap andy la yawwww ini beberapa kali muncul di koran dan sempat tampil di ludrukan Cak Kartolo di JTV.
      Kalo Titin, sampeyan masih ingat acara Mak Bongky di JTV ga? Nah, yang jadi Mak Bongky itu lha Titin alias Rukayah..
      Kalo yang lain bisa kasih revisi, monggo….

  5. om ekoyw, endi kirimane rekaman trioburulu-ne, tak tunggu2 kok urung ono.
    wahyu.shinta@rocketmail.com
    suwun

    • Sepurane cak, kelalen…😀
      Wis tak kirim yo Cak. Sampeyan convert dewe nyang mp3.

  6. Sy dari kediri, waktu kecil aku selalu mendengar acara trioburulu, aku sangat suka banget, waktu itu radio suzana masih AM, skrg FM, jadi kalo pulang kampung aku kangen banget sama Suzana, tapi ga sampe ke kampungku. tolong dong di krm via Email : azisarnoldi@gmail.com matur nembah nuwun

    • Wis tak kirim yoo Cak!!!
      Wis tekan durung??

  7. Wis mlebu kirimane, iki lg tak bukak, Mater suwun om, tak setele nang pemancar mini fm ku nang Jayapua Papua

  8. cak saya dari Dawarblandong,sekarang ada di Baikpapan,saya sejak sd sudah seneng banget sama acara trioburulu,tapi mulai tahun 1989 aku udah nggak pernah dengar lagi karena jarang pulang,gimana kalo aku dikirimi rekaman trioburulu seadanya yang penting bisa ngobati rasa kangenku sama radio suzana

    • Sudah dikirim yooo Cak !!

  9. Om, Ada lagi tidak rekamanya trio burulunya? Kalo ada kirimi lg donk….

    • Oke Cak !!! Mengko tak bongkar e dhisik file-file lawas.
      Memang e wong papua ngerti boso Suroboyoan ta Cak? Kok disiarno lewat radio hehehe

  10. Lhooo ngremehno wong jayapura he..3x, yo iso boso suroboyoan, tapi sing wong jowo. Radioku tak setel mung cramah2 boso jowo kao campursaian, lumayan adoh radius pancarane 15 Km

  11. yang kangen monggo striming di sini http://radiointernetindonesia.com/?menu=radio&id=503&kd=15&what=radio

    • Mantap Cak !!!!! Iki sing dienteni para ‘alumni’ Arek Suroboyo yang pernah menetap maupun mendengarkan siaran Radio Suzana !!!!
      Monggo Cak Wahyu, di-relay nyang Jayapura😀

  12. iki Suzana striming muantepp tenan cak, tak relay ne nyang jayapura. Nek ngene carane wis ora mikir cuti nang Tuban maneh, mergo wis iso ngrungokno Suzana striming

  13. Kirim ke email saya juga ya di Aminkyuubi@gmail.com, terima kasih

    • Lho Cak, kan di komentar sudah ada link Radio Streamingnya. Tinggal Dengerin aja langsung.
      Ini aku balas comment ini sambil dengar Trioburulu streaming.

  14. seneeeng bgt ketemu trioburulu maneh…maturnuwun nggih Pak….

    • Sama – sama mbak… Asal cekikikannya jangan sendirian yaa… hehehe

  15. Sekarang bahkan udah ada streaming langsung dari website resminya Suzana…. http://online.suzanafm.com/

    baca artikelnya menarik…. aku yo podo mas, ket cilik tahun 80an, ngrungokno Trio Buluru, malah biyen sempat teko nang studione….

    • Mantaaapppp sharing radio online Cak!!!
      Iso leyeh2 nyang Muenchen karo cekakakan ngrungokno Trio Burulu…

  16. mas, mau tanya nih…
    Bgmn caranya dengarkan suzana lewat hp nokia E63 (telkomsel)

    • Wah.. ini OS-nya Symbian yoo Cak?
      Kurang tahu kalo Symbian Cak. Kalo Android, bisa download Nux Radio di Play Store-nya.
      Mungkin, teman-teman yang lain bisa bantu.
      Thanks…

      • Gak iso cak, sing muncul malah radio liyone, suzana tak scan ga ketemu

      • gawe Nux Radio yo Cak?
        Coba masuk Daftar Radio terus pilih berdasarkan provinsi. Mlebu Jatim… wis tinggal golek i ae Radio Suzana. Nek nyang Android isih ono kok…

  17. aku duduk wong suroboyo cak, aku asli jember. tapi acara trio burulu iku biyen di siarkan ulang karo radio nang jember. dadi aku yo sering ngrungokno acara iku. lucu tenan. podo lucune karo jula-juli cak kartolo…….

    • Aku malah baru ngerti Cak nek Trioburulu disiarno ulang sampe Jember…😀

  18. aku yo kepinging bro.. sue gak kerungu trio bolulu..
    njaluk pisan po’o. iki email ku abymoe@gmail.com
    suwun sak durungr bro…

  19. Salam kenal, Saya Agus asal dari Jombang. Tapi sekarang menetap di Surabaya. Saya kenal awal Radio Suzana ini sewaktu SMP, masih dipancarkan melalui AM 1116. Awalnya penasaran dengan acara2 radio dari luar kota, hehehe (norak.com). Akhirnya saya pantengin terus tuh radio, Awalnya jam 14.00 acaranya Bung Dino, trus jam 15.00, eh kok ada sandiwara radio apaan ini. Tapi lama-kelamaan jadi kecanduan acara ini. Akhirnya terus berlanjut. Cuman sayang beberapa waktu yang lalu Kaisar Victorio hijrah menjadi wakil rakyat periode 2004-2009. Tapi di tahun 2010 akhirnya kembali lagi atas permintaan sang owner agar Kaisar mau kembali “membantu” radio Suzana. Akhirnya beliau bersedia untuk siaran di beberapa acara. Namun sekarang hanya ada di Acara Praktik Trang Kaisar saja. Trio Burulu kini dikelola sepenuhnya oleh Bung Insaf.

    Oyah, kalau Mak Bongky yang di JTV itu bukan Titin (RUmiyatin) yang sekarang siaran periode ini, tapi diperankan oleh Nungky (Rukayah).

    Buat bro adminnya ada ga rekaman trio Burulu yang masih ada Ria Enesnya. Sebab saya hanya sempat dengerin 1 kali saja, itupun karena beliau hanya sebatas bintang tamu, bukan sebagai pemain tetap. Kalau ada tolong dikirimin yah.

    Salam.

    • Waduh… saya saja sudah lama banget ga dengar Mbak Nino (nama Ria Enes saat jadi penyiar Suzana) waktu lagi di Trioburulu sebagai Rumina. Mbak Nino ini dulu, awal tahun 90-an, penyiar acara maleso-leso bersama Bung Dino dari jam 14:00 – 15:00 dan berlanjut ke acara Trioburulu. Pada masa inilah lahir boneka centil Susan, yang mungkin diambil dari nama radio Suzana.

      • Om eko…
        Sy msh kesulitan dengar suzana, selain BB, aple sm speedy ada cara lain utk monitor suzana, sy cm ada nokia tok

      • Buka nuxradio ae Cak! Iso dirungokno langsung teko web e nuxradio atau download aplikasi nuxradio nyang PC.
        http://suzanafm.online.com yoo ono streaming e

  20. Ass. Mas, saya penggemar trio burulu suzanna sejak thn 1998 di lumajang. Wkt itu d lmj blm ada radio fm. Jd radio luar kota msh jela. Mas, minta tolong dikirimi rekaman trio burulu yg anda punya ke email saya yah. Terimakasih

  21. Ada kabar duka bagi pecinta Radio Suzana, khususnya fansnya Mbak nena, atau mak bongky atau mbak sri hunun, karena beliau telah meninggal dunia di usia 48 tahun. meninggal Hari minggu tanggal 3 Februari 2013. semoga Amal ibadah dan arwahnya diterima di sisiNya. Amin

  22. Mas aku minta rekaman trio burulu dong, udah lma ga denger jd kangen dgrn lagi..hehe
    Kirim ke kentangitu@gmail.com ya mas, trima kasih sebelumnya

    • Aku cari dulu file-nya mas…
      Bisa juga dengar di Nuxradio atau website-nya langsung, tapi sepertinya beberapa hari terakhir sedang problem.

      • Skrg masih ada trio burulu mas?
        Ta tunggu kiriman file nya ya mas kalau ada🙂

  23. q orang bojonegoro,kuangen puooooooollll ma radio suzana pas masih on air di am. kemecer show kamis misteri..hemmmh..we love u radio suzanaaaaa..

  24. hlaah…emang acara ini masih ada Mas? dulu thn 80 an saya selalu manteng acara ini….penangkapan gelombang yg lemah ditempat saya menyebabkan siarannya hilang timbul….tapi tetap menghibur. Wonokairun…i lop you pull….wkwkwkwkwwkwk

    • Masih ada om. Buat yang luar kota bisa dimonitor online, baik lewat internet maupun aplikasi mobile.

  25. Striming suzana pake android kok susah cak

    • Langsung buka nyang situs e ae Cak. http://online.suzanafm.com/
      Aku biasa langsung mrono, buka gawe google chrome teko HP.

  26. halo…saya penggemar radio suzana jg,waktu saya msh smp sktr tahun 1988,waktu aku msh tinggal di kota pati jateng,di kota pati radio suzana bisa saya dengarkan dgn cara menyambungkan antena TV ke radio suara lumayan jelas,skrng saya tinggal di kota yogyakarta msh srng dengerin radio suzana lwt streaming

  27. Saya masih kesulitan streming suzana.
    Ada yg bisa bantu ka….

  28. Cak, masih ada rekaman trioburulunya?

    • Cak, aku wis ga pernah ngrekam maneh. Coba install apps Suzana dari Playstore. Aku biasane ngrungokno Trioburulu langsung teko apps iki. Luwih enak timbang nyetel teko situs e.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: