Oleh: ekoyw | Maret 25, 2011

Sea Games dan Bendera

Jika anda melintasi Sumatera Selatan akhir – akhir ini, anda akan menemui kibaran bendera negara – negara anggota ASEAN berkibar di beberapa kantor, baik kantor pemerintahan maupun kantor swasta. Hal ini wajar, karena Sumatera Selatan, dalam hal ini Palembang, akan menjadi tuan rumah pelaksanaan beberapa lomba selain di Jakarta. Maka pembangunan beberapa gedung olahraga pun terus dikebut di kawasan olahraga Jaka Baring Palembang.

Kembali ke soal bendera. Di salah satu kota di Sumatera Selatan, yakni Lubuk Linggau, kibaran bendera tersebut juga akan dengan mudah anda temui. Namun jika diperhatikan seksama ada beberapa kejanggalan dalam bendera tersebut.

Bendera Singapura misalnya, Bendera yang mirip dengan Sang Saka Merah Putih dengan tambahan bulan bintang ini terlihat aneh. Tambahan bulan bintang hanya terlihat di satu sisi saja. Sedangkan di sisi lain masih terlihat polos merah – putih. Bendera ini sepertinya dibuat dengan bahan Sang Saka Merah Putih dengan tambahan jahitan bulan dan bintang. Sayangnya, cuma satu sisi.

Bendera Singapura

Nasib bendera Malaysia juga terlihat aneh. Di satu sisi kain bendera terlihat jelas bentuk dan warna benderanya. Tetapi di sisi kain yang lain kelihatan polos. Entahlah, sepertinya bendera ini hasil dari sablonan dan kemudian satu sisi lupa disablon atau gimana.  Dan sepertinya agak susah membuat bendera ini karena komposisi merah putih yang berselang-seling, mirip bendera Amerika Serikat. Sekali pernah lewat di salah satu perkantoran, nasib bendera Malaysia lebih tragis lagi. Bendera dipasang terbalik !!! Yakni bagian bulan dan mataharinya dipasang di bagian bawah. Entahlah, semoga bukan bentuk kesengajaan. Semoga karena ketidaktahuan saja seperti misalnya saat peringatan 17 Agustus kita kadang menemui bendera Merah Putih terbalik.

Bendera Malaysia

Sedangkan bendera Philipina terlihat dijahit asal-asalan. Bagian segitiga bendera jelas seperti jahitan meskipun anda melintas di jalan dan tidak mendekat ke tiang bendera.

Bendera Filipina

Sedangkan bendera Vietnam di salah satu bank swasta tampak warnanya salah. Warna bintang yang seharusnya kuning tetapi berubah menjadi warna putih. Padahal bendera Vietnam di instansi-instansi yang lain sudah benar dan sesuai.

Bendera Vietnam

Seperti bisa dilihat dalam gambar di bawah ini. perhatikan benar – benar gambar  Bendera Vietnam

Bendera Negara ASEAN

Tampak warna putih pada gambar bintang di Bendera Vietnam dari yang seharusnya kuning.  Juga nampak salah satu sisi bendera Brunei Darussalam tampak pudar yang menandakan bendera tersebut disablon hanya satu sisi.  Nasib serupa juga dialami bendera – bendera negara lain yang tidak simetris seperti Kamboja, Myanmar, Laos dan Timor Leste.

Namun ada juga instansi yang berani mengeluarkan modal untuk mendapatkan bendera yang sesuai dengan bentuk aslinya seperti gambar di bawah ini :

Bendera ASEAN di Depan Bank Sumsel

Dari kibaran bendera Thailand, Myanmar dan Laos di atas, terlihat sisi dalamnya (meski hanya kelihatan sedikit) adalah kain yang bukan dihasilkan dari proses sablon.

Khusus untuk Bendera Myanmar, ditemukan juga kebingungan antara memasang bendera yang baru atau yang lama.

Bendera Myanmar Lama

Bendera Myanmar Baru

Misalnya di Polres Lubuk Linggau yang telah memasang Bendera Myanmar yang baru. Sedangkan Bank BNI yang tepat berada di depan polres malah masih memasang bendera Myanmar yang lama. Pertanyaan adalah, bendera manakah yang akan dikerek pada acara pemberian medali kelak?

Sepertinya bendera – bendera yang bentuknya simetris, seperti Indonesia dan Thailand, yang terlihat rapi dan benar pembuatannya.  Sedangkan bendera – bendera negara lain yang tidak simetris seperti contoh – contoh di atas masih terlihat asal-asalan dan tidak profesional baik dalam pembuatan dan pengibarannya.

Bendera Thailand

Entahlah, bagaimana tanggapan warga negara bendera yang bersangkutan jika melihat hal ini.  Pemasangan bendera ini memang sesuatu yang sebetulnya mudah tetapi juga tidak boleh dimuat main – main karena hal ini menyangkut simbol negara lain yang akan diundang ke negeri ini sebagai tamu. Semoga hal ini bukan cerminan ketidakprofesionalan, entah panitia atau pemda, dalam menyiapkan hajat Sea Games akhir tahun ini.

Syukur Alhamdulillah, belum ditemukan pemasangan bendera Indonesia yang salah atau hasil sablonan. Kalau ada… Terlaaaalllluuuuuuuu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: