Oleh: ekoyw | Mei 2, 2011

Mencari Kandidat Lokasi BTS

“Dijual tanah luas sekian kali sekian meter…. cocok buat tower telekomunikasi”, atau anda sering heran kenapa tower BTS seringnya ngumpul di satu lokasi tertentu ?

Sebetulnya menentukan lokasi yang akan dibangun tower BTS itu tidak terlalu sulit. Tools yang digunakan cukup GPS dan software seperti Mapsource dan Global Mapper. Untuk di Jawa, rasanya tidak terlalu sulit menentukan misalnya, di desa mana akan di bangun BTS. Karena rata-rata jarak desa di Jawa tidak terlalu jauh, sekitar 2-3 km. Kemudian juga jalan desa yang relatif masih mudah untuk dilewati. Hal ini memudahkan untuk memperkirakan lokasi desa A berapa km dari desa B dan ke arah mana. Demikian pula menentukan jarak dan arah ke desa-desa lain di sekitarnya.

Hal lain yang perlu diketahui adalah hampir setiap BTS memiliki 3 arah sektor yang berbeda. Arah setiap sektor inilah yang akan mendapat layanan telekomunikasi. Setiap sektor ini tidak boleh terlalu berimpitan, biasanya minimal membentuk sudut 60 derajat. Setiap sektor ini kemudian disebut sebagai cell yang memiliki frekuensi masing – masing. Di beberapa handphone, kita bisa melihat cell ID yang menunjukkan kita sekarang di-handle oleh cell mana.

Setiap operator, akan berusaha memaksimalkan agar pendapatan di ketiga sektor BTS-nya optimal. Namun dalam beberapa daerah, misalnya di luar Jawa, ada beberapa BTS yang optimal misalnya hanya 2 arah. BTS-BTS ini misalnya untuk meng-cover jalan raya sementara daerah di sekitarnya merupakan hutan/perkebunan yang jarang penduduk sehingga 2 sektor untuk mengcover jalan dan 1 sektor yang lain cenderung dibuang ke kebun/hutan.

Langkah pertama mencari kandidat lokasi BTS adalah survei lapangan dengan GPS.  Misalnya kita akan membangun tower di daerah A maka yang pertama dilakukan adalah mengetahui, misalnya ada berapa desa di daerah A, seluas apakah masing-masing desa itu dan terakhir adalah jarak antara desa di daerah tersebut.

Maka saat survei, kita akan menelusuri desa-desa tersebut. Kemudian, setiap kumpulan pemukiman akan kita berikan tanda di GPS, misalnya jika dalam 20 meter rumah-rumah tidak putus, kita berikan tanda di GPS.  Hal ini akan memberikan gambaran seberapa padat desa tersebut. Kemudian, di setiap desa, setiap jalan di desa tersebut kita telusuri/tracking sambil terus memberikan tanda jika ada pemukiman atau tempat – tempat penting, seperti : Balai Desa, Sekolah, Masjid, Pabrik, Pasar dan lain – lain. Sehingga kita bisa mengetahui desa tersebut seluas apa, dan apakah ada potensi pasar di desa tersebut. Hasil tracking tersebut jika kita lihat di Mapsource, contohnya seperti di bawah ini :

Contoh hasil survei

Dari gambar di atas, setiap gambar bendera/rumah adalah daerah pemukiman penduduk di desa, juga dapat diketahui gambaran topologi desa tersebut seluas apa dan jalan serta rumah penduduknya dimana saja.

Hal di atas dilakukan di semua desa yang masuk daerah yang akan direncanakan di bangun tower BTS. Sehingga jika digabung, hasil survei tersebut misalnya seperti di bawah ini :

Hasil Survei

Dari gambar Mapsource di atas diketahui ada beberapa desa seperti : Wonorejo, Bumi Agung, Tambah Asri, Dwijaya, Leban Jaya, dll.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah keberadaan layanan seluler di daerah tersebut. Misalnya di Mataram dan Wukirsari sudah ada layanan seluler maka bisa dilihat jika Desa Wonorejo berada pada posisi yang tepat untuk membangun BTS karena tidak terlalu jauh dengan Leban Jaya dan Dwijaya dan desa-desa sekitarnya yang belum menikmati layanan seluler.

Dari peta hasil survei Desa Wonorejo kemudian kita ambil satu titik dan kemudian diukur jaraknya ke desa-desa sekitarnya. Jarak ini akan menggambarkan coverage sinyal BTS tersebut. Sehingga akan percuma jika jarak antara desa terlalu jauh, misalnya di atas 8 km. Untuk coverage ini juga memperhatikan topologi daerah tersebut, apakah berbukit-bukit atau cenderung datar. Jarak ideal dari titik di desa Wonorejo ini ke desa-desa sekitarnya adalah sekitar 5 km karena pada jarak 5 km ini biasanya sinyal seluler masih bisa ditangkap dengan bagus di daerah dataran rendah.

Titik yang kita tentukan pertama, bisa jadi berubah – ubah karena misalnya jarak desa A ke desa B memenuhi syarat tetapi jarak desa A ke desa C terlalu jauh. Sehingga titik tersebut harus di geser lagi.  Titik yang didapatkan, yang memiliki jarak relatif sama antar desa, kita sebut titik kandidat. Hasilnya misalnya seperti ini :

Titik Kandidat

Titik kandidat ini adalah referensi awal dan masih bisa berubah, misalnya karena : Tidak ketemunya harga sewa lahan dengan pemilik lahan, jalan akses yang sulit, titik tersebut merupakan tanah fasilitas umum warga yang tidak bisa digunakan seperti Masjid, Balai Desa, atau bisa juga karena topologi titik tersebut pas di daerah lembah sehingga jika dipasang tower akan kurang maksimal. Hal – hal ini memungkinkan dilakukan pergeseran. Biasanya ada toleransi sekitar 200 m dari titik awal jika memang dilakukan penggeseran.

Jika merupakan daerah pegunungan maka hasil survei akan dilihat menggunakan global mapper untuk mengetahui topologi daerah tersebut. Juga bisa dilakukan simulasi perkiraan coverage BTS dengan mengambil titik tersebut sebagai referensi. Hal ini bisa dibaca kembali di sini.  Sehingga jika titik tersebut merupakan lembah, bisa dilakukan penggeseran ke arah dengan lokasi yang lebih tinggi.

Dari gambar di atas dapat diketahui adanya perbedaan antara titik kandidat dan titik akhir yang kemudian akan dibangun tower BTS Wonorejo. Jarak antara kedua titik ini sekitar 140 meter.

Setelah titik tower didapatkan kemudian adalah menentukan arah ketiga sektor BTS tersebut. Arah sektor ini tentu menyasar ke pemukiman penduduk ataupun daerah lain yang akan dijadikan pasar layanan seluler.

Hasil penentuan arah sektor tersebut misalnya sebagai berikut :

Arah Sektor BTS

Dalam gambar di atas, arah sektor diwakili dengan garis merah muda.  Searah dengan garis ini pula lah antena sektor BTS akan di arahkan.

Aira, 02052011

Update

Banyak yang bertanya dan menawarkan tanah di komentar tulisan ini. Bagi yang ingin tahu pertimbangan bisnis pembangunan tower, bisa baca di sini https://ekoyw.wordpress.com/2015/09/17/pertimbangan-bisnis-usulan-tower-bts-baru/.


Responses

  1. Ooo ngunu ta carane? Habis ini mau pindah planning ta?

    • Iku ilmu nyolong pas ono wong planning mrene… wkwkwk.
      Ternyata ga seribet yang aku bayangkan sebelumnya. Cuman kesel sedino off road an terus.
      Pindah planning? Amiiiiinnnnnn……

      • Mas Eko bisa minta alamt emailnya.. ?
        Saya mau menawarkan Rooftop ruko Lantai 3.
        Siapa tahu mas bisa bantu saya untuk mencarikan provider yg mau bangun BTS di Ruko Saya.
        T
        erimakasih
        andika.kom@gmail.com
        081338620031

  2. mau nanyak, berapasih radius min antara tower telekomunikasi dg pemukiman warga?? soalnya didaerahku mau dibagun tower nih…

    • Kalo pertanyaan radius min antara tower dengan pemukiman, sepertinya belum ada aturannya. Banyak tower, terutama di kota, dibangun di pemukiman Mas. Untuk dalam kota, biasanya tower dipasang hanya monopole atau antena BTS disamarkan ke bangunan.
      Jika merujuk ke aturan PU, yang ada adalah radius keselamatan ruang di sekitar menara, yang nilainya 125 % dari tinggi menara dari atas permukaan tanah/air. Misalnya tinggi tower 100 m, maka radius keselamatan adalah 125 m dari tower yang akan menjadi tanggung jawab pemilik tower jika terjadi kecelakaan akibat tower tersebut.
      Setahu saya, setiap tower diasuransikan. Jika terjadi dampak akibat tower, misalnya petir yang merusak perangkat sampai misalnya tower roboh, warga berhak mengajukan klaim ke pemilik tower.
      Tetapi, Insya Allah, tower dibangun dengan standar konstruksi, kelistrikan, sistem grounding yang aman bagi manusia.

      • bos mau nanya hih…
        tanah nyokap ane ada yang mau sewa untuk bts…
        brapa sih pasaran harga petahun’a

      • Wah… kalo itu tergantung lokasi dan tawar menawar bro. Lokasi di desa sama kota lain. Pinggir kota sama tengah kota juga biasanya lain harga.

  3. mas,salam kenal sebelumnya maaf klo pertanyaan saya ga sesuai topik,saya mau tanya gimana ya cara pengajuan lahan untuk tower trus pengajuanya itu kemana ke operator atau PT atau kemana?
    trima kasih

    • Kalau setahu saya, sekarang ini operator telco tidak membangun tower lagi. Tower dibangun oleh provider tower, misalnya Tower Bersama Group, Mitratel, dll. Tower ini kemudian disewakan ke operator untuk digunakan bersama.
      Saya belum tahu cara pengajuan lahan. Setahu saya, provider tower akan membangun tower di suatu titik, bisa atas usulan operator ataupun atas dasar survei terlebih dahulu. Jadi, secara awam, kita tidak tahu apakah lahan kita sesuai dengan titik rencana pembangunan tower tersebut.

  4. mantabbb Ko…

  5. Salam Pak,
    Setelah baca sedikit artikel Bapak, saya jadi tergelitik ingin mengajukan proposal untuk menyewakan lahan (punya ortu) untuk disewakan sebagai tower BTS, karena saya pikir daripada dijual nanti malah kualat dan kehilangan aset (hehe), mendingan saya berdayakan. Bagaimana caranya ya pak saya mengajukan proposal penawaran ke operator2 tersebut, sedangkan operator sudah punya surveynya sendiri, apakah antara saya dan operator bisa terjembatani keinginannya? Btw saya tinggal di Ciputat-Kedaung, di deket rumah saya sudah ada beberapa menara BTS, sepertinya milik Telkom, cuma kalo saya internetan pake Telkomflash di rumah agak lemot ya Pak, kalo dibawa ke Kota Jakarta atau Tangerang baru kenceng, mohon pencerahannya, terimakasih.
    Adi-Ciputat

    • Kalo di sekitar rumah sudah ada tower lain, cenderung susah pak. Operator sekarang cenderung dan diarahkan untuk menyewa tower yang telah ada. Misal, Indosat menyewa tower Telkomsel jika disana sudah ada tower Telkomsel. Maklum, jika tidak, bisa jadi hutan tower semua. Juga ada arahan dari pemerintah. Juga dari sisi operator, lebih efisien, tidak perlu menghabiskan banyak dana untuk investasi tower baru yang ga tau kapan bisa BEP. Cukup sewa tower dengan bayar berapa juta per bulan, dan bisa dihitung pendapatannya.
      Jika harus membangun, sekarang kebanyakan operator tidak bangun sendiri melainkan menunjuk Tower Leasing Provider (TLP) untuk mengerjakannya mulai sewa lahan sampai tower berdiri. TLP ini seperti PT. Tower Bersama, Mitratel, Corona, dll.Operator tinggal terima beres dan menyewa ke TLP ini.
      Soal telkomflash lemot, bisa banyak sebab dan paling sering adalah trafik yang sudah maksimal yang bisa terjadi di banyak titik mulai dari BTS sampai ke atas-atasnya.
      Thanks..

      • Terimakasih Pak Ekoyw atas penjelasannya, saya jadi tambah knowledge nya mengenai per BTS an, Suwun

  6. di negara Malaysia sana pernah liat kalau tower disamarkan, sehingga istilah hutan towerpun gak ada. Indonesia wajib meniru nih.

    • Yup bro.. sebetulnya di beberapa kota besar, hal itu sudah diterapkan. Misal disamarkan di rambu lampu lalu lintas. Ada cerita dari seorang teman kuli tower, dia celingukan di perempatan di Jakarta cari tower yang akan di maintenance, titik koordinat sudah pas. Ternyata setelah dicari, antennanya disamarkan di rambu lampu lalu lintas.
      Di Surabaya, aku juga pernah lihat antenna BTS disamarkan di menara masjid di daerah Nginden.

  7. y ada 3 titik lahan kosong di bali lokasi prospektif dan bukan lahan sengketa, 1 lahan 100m2 lokasi persawahan sudah dikaping, area berkembang, dibatubulan, bali, 2.lahan 8000m2 lahan perkebunan ketinggian yg bagus di km.16 singaraja, bali. 3.lahan 8000m2 lahan persawahan, ketinggian bagus disingaraja mengarah ke kota. mungkin ada operator, atau vendor yang beringinan untuk menyewa untuk bts, bisa hub sy 081936026511 . tks

  8. di tempat kami ada kebutuhan untuk bisa masuk jaringan seluler, mengingat setiap akan menelpon harus mencari tempat yg lebih tinggi dan suaranya pun samar2

  9. saya menerima jasa SITAC,….. hehehehhe…

  10. saya punya lahan 224 m2 di daerah cimahi selatan ci beber dekat gerbang univ ahmad yani…rencana mau di sewakan untuk bts 2 x 10 tahun..setelah itu hak kepemilikan tanah menjadi hak penyewa…silahkan kalo ada yg tertarik dengan penawaran menarik ini , bisa hub saya 08179286545

  11. salam kenal, mas Eko…saya punya tower SST 62m lokasi di Bogor, bagaimana cara nya/ prosedur untuk mengajukan penawaran sewa Tower BTS (bukan lahan loooh..)ke provider selular…mohon petunjuknya….terima kasih yaaa, mas Eko….
    dan kalau tertarik bisa hubungi saya di 08567202934. Terima Kasih.

    • Wah… punya tower yaa pak?
      Kalo prosedurnya, saya kurang tahu pasti pak. Biasanya, saat operator mau bangun satu BTS, tim di lapangan yang lebih tahu apakah sudah ada tower existing di lokasi tersebut atau tidak. Kalo sudah ada, mereka akan cari tahu siapa pemiliknya dan selanjutnya biasanya ada tim tersendiri yang akan menghubungi pemilik tersebut.
      Jadi, mungkin bapak bisa promo saja ke kantor-kantor operator terdekat soal tower bapak.

  12. Salam pa gmna mengajukan untuk pmbuatan tower karna disini belum ada sama skali .jdi sinyal disini daerah pgunungan aja.

    • Kalo pengalaman saya, bapak bisa bikin surat permohonan ke operator. Kalo bisa atas nama desa tersebut, ditandatangani oleh kades dan ditandatangani oleh warga yang mendukung pembangunan tower tersebut.
      Surat bisa diantar ke kantor operator terdekat.
      Saya beberapa kali menerima surat seperti itu. Tentu nanti akan dipelajari oleh operator, apakah layak untuk dibangun atau tidak.

  13. Salam kenal mas Eko… Tepat di sebelah kamar saya ada lahan yg luasnya krg lbh 10x10m2. rencana akan dibangun BTS dr exelindo. padahal di kiri kanan lahan tsb ada rmh warga. dan sebelumnya sdh ada tower smartfrent tdk jauh dr lokasi tsb. saya satu2 nya warga yg berkeberatan dg pembangunan tsb krn menara itu nantinya tepat berada di atas kamar saya sekeluarga. Mohon masukan mas Eko sbg acuan sy untuk membatalkan pembangunan tsb

    • Biasanya sebelum bangun tower, harus ada izin lingkungan dari warga di sekitar lokasi tower tersebut mbak.

  14. Dengan hormat,

    Dengan ini saya menawarkan lahan tanah kosong milik saya yang berlokasi di kota Pemalang/ pantura, barangkali ada yang berminat dibangun tower BTS silakan bisa menghubungi saya / Ali di 081912459089.
    Dulu sering ada orang yang bermina sewa untuk tower BTS dan saat itu belum ku kasih karena saya sibuk merantau informasi ini dari kaka perempuyan saya yang rumahnya persis disamping lahan kosong tersebut.
    Dan sekarang saya sedang mnecari investor yan mau sewa tanah tersebut untuk tower BTS.

    Terimakasih.

    Ali

  15. pak eko ini dari bangkalan madura… di kampung ada dua bts… dan biasanya ada tiga pak… ini pak ada tanah kosong .. pinggir jalan, di areal pertokoan , dekat pasar lagi….mungkin pak ekon bisa menindaklanjuti agar dibangun lagi pak ….(bisa hubungi kami pak heru 08179358155) mudah2anpak eko banyak rejekinya…

  16. Salam kenal pak Ekow,klo ada yg butuh lahan untuk membangun tower di Karawang di daerah Lamaran Jl Syech Quro, saya ada tanah pingir jalan sebrang Alfa Midi, luas 400 meter. saya berniat untuk menyewakan, silahkan hubungi saya di 085321018439

  17. Wah… banyak yang menawarkan lahan buat site ya? Tapi mohon maaf, saya bukan orang Sitac CME (Site Acquisition Civil Mechanical Electrical) yang biasanya mencari lahan untuk new site.

    • oh ya mas eko, bulan kemarin ada orang mau mengotrak tanah saya lewat teman dan sudah mengisi formulir, yg ak tanyakan apakah memang akhir2 ini ada program pembuatan tower karena adanya bangunan tol dan banyak tower yang kena gusur?

      • Nah… kalo yang ini saya kurang tahu pak.

  18. saya ada tanah luas 216 rencana saya akan sewakan untuk bts lokasi di jl pemda bambukuning bojong gede bogor hub saya di no 083894529778

  19. saya punya lahan di daerah medan pancur batu …rencana mau di sewakan untuk bts 2 x 10 tahun klo cocok hrga dijual..setelah itu hak kepemilikan tanah menjadi hak penyewa…silahkan kalo ada yg tertarik dengan penawaran menarik ini , bisa hub saya 085359999780

  20. saya punya lahan daerah medan pancur batu, rencana mo di jual kpd provider yg berminat,kepemilikan tanah menjadi hak pembeli…silahkan kalo ada yg tertarik dengan penawaran menarik ini , bisa hub saya 085359999780

  21. Salam Kenal Pak. saya baru beli lahan di daerah serdang wetang, curug kabupaten tangerang. LT 391m, SHM, rencana saya mau sewakan ke tower BTS. karena dulu pemilik lama ditawarkan mau di sewa oleh tower BTS tapi karena dia mau jual maka tidak disewa. kalo provider GSM maupun CDMA berminat boleh hubungi saya di nomor 08129906332. thanks

  22. pak ekoyw, saya orang baru di pekerjaan sitac, dan baru dikasih tugas untuk sitac di NTT. bisa tolong bantu, berangkat tgl 20/11/13.

    • Sy punya tanah daerah curug , tangerang. LT 400m, SHM. Sdh tembok keliling. Mau disewa atau dijual untuk tower BTS, mana aja yg cocok. Hub 08129906332,02133255665.

    • @Sapto : Bisa bantu apa pak? Terus terang saya bukan orang Sitac. Tetapi lebih ke survey kandidat site yang kemudian akan di-follow up sama orang Sitac.

  23. Dear Pak Eko,
    Salam.

    Saya Galuh, mau menanyakan bagaimana prosedur untuk request pembagunan BTS di kepulauan?
    karena saat ini kami sedang ada bisnis di kepulauan di daerah sulawesi tengah. tapi kami terkendala masalah tidak adanya sinyal telpon maupun internet sama sekali. pulau tersebut sudah berpenghuni, tetapi tidak ada akses apapun. untuk berkomunikasi dengan pihak luar kami harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam ke pulau lain.
    Mohon Sarannya. terimakasih.

    Regards
    Galuh

    • Dear P Galuh,
      Mungkin bisa hubungi misalnya Galeri Indosat atau Grapari Telkomsel atau operator yang lain yang terdekat pak. Saya yakin jika hitung-hitungan bisnisnya masuk, misal potensi pendapatan pasar Vs cost operasional masuk, Insya Allah akan dibangun pak.
      Beberapa lokasi, ada desa yang mengumpulkan tanda tangan seluruh warganya. Ada jg yang kerjasama antara satu operator dengan perusahaan misal pertambangan yang minta dipasang tower di sana.
      Semoga membantu
      Terima kasih

  24. Salam kenal,pak Eko,
    Saya syaiful,alamat tinggal saya diBatam(kepulauan Riau)
    Saya menanyakan;Gimana cara untuk mengetahuinya” Pemasangan BTS keDepan”,apakah berdasarkan Survey Lapangan,rencana yang sudah ditetapkan masing2 Operator atau berdasarkan laporan konsumen.
    Karna saya pernah saya menggunakan alat Elektronik saya didaerah batam
    sebelah Timur ter kena cash rouming Malaysia.
    Dan gimana pula kalau didaerah pulau yang lainnya(apakah itu berpotensi atau tidak),Boleh tak saya minta PL(peta lokasi) BTS Khususnya Batam.
    Siapa tau salah satu pulau ada yg belum punya BTS Tower.
    Karna sekarang inipun saya lagi melakukan penawaran lahan.
    Ada minat Hub saya :08127004095/syaiful.

    • Wah.. yang tahu rencana bangun tower ke depan dan juga peta lokasi BTS yaa operator seluler masing – masing Om.
      Maklum, ibarat toko, tower/BTS itu kan tokonya operator, jadi sebisa mungkin informasinya dijaga rapat – rapat.

  25. bisa minta upload contoh surat permohonan pendirian tower.

    • Bentuknya bebas bro. Seperti surat biasa, tetapi datanya jika bisa lengkap. Seperti potensi penduduk berapa, ada berapa desa, potensi ekonominya apa, dll.
      Beberapa yang saya tahu dan diproses terutama jika yang minta pihak pemerintahan, misalnya beberapa bupati di Indonesia Timur minta didirikan tower di daerah mereka. Atau perusahaan perkebunan besar juga bisa.

  26. Saya Ada lahan 20m dari pinggir jalan,lokasi tower bts yg lain jarak 2km dr tmpat saya itupun cm tsel,lokasi dekat 4km dari pusat perbelanjaan, 1km dari pasar,pinggi kota,lokasi gorontalo,butuh dana anak sekolah tarif sewa murah per 10th,silakan suvey team sitac jika minat hub 081272376999 email,arielsawit@gmail.com

  27. Saya ada lokasi yang cocok utk dibangun menara bts.lokasi di legundi gresik.dekat pabrik2,lokasi industri.lahan luas 540 m2.bisa hub Cahyono di no telp 08155017500.terimakasih.

  28. Saya ada lokasi yg cocok utk penempatan bts dilantai 4 rumah saya di Surabaya Timur,yg berminat bisa hub Irwan di: 087852132298,terima kasih.

  29. Salam hormat pak Eko…

    Saya mau nanya gi mna cra nya mengajukan pembangunan menara BTS soal nya di daerah kep bangka belitung, kab bangka, desa jurung. Soal nya sinyal di daerah sini terlalu sulit .

    • Ini di Bangka-nya atau di pulau lain ya pak? Coba buat surat resmi dari aparat pemerintahan pak. Kalo bisa dari Bupati. Tujukan ke operator di Palembang. Lengkapi dengan data2 pendukung seperti ada berapa desa, berapa penduduk, potensi ekonomi apa, potensi pariwisata, dll.

  30. saya punya lahan nganggur di pinggiran yogya dekat perbatasan yogya-magelang, disini baru ada tower xl. sedang yang lain belum ada sama sekali. al; hasil pelanggan xl di tempat saya menjamur banyak sekali. silahkan bagi yang berminat hub saya: 085347715420
    alamat : Kantongan B rt 1 rw 11 Merdikorejo Empel Sleman Yogyakarta

  31. Pak Eko tanah saya bulan kemarin ada yang nawar untuk disewa pihak telkomsel, di daerah kota Martapura Kalimantan Selatan tepatnya Jl. Pendidikan Komp Citra Permata Biru. Sudah disetujui dan harga pun sdh sepakat untuk 11 tahun, persyaratan sudah disiapkan tapi kog sampai sekarang nggak ada respon lagi, mksh

    • Biasanya ada beberapa kandidat yg masuk Bu. Mungkin masih diproses.

  32. yang mau mendirikan bts di perum taman tridaya indah tanah saya bisa utk bts. hub saya di Pin BB 7492B807

  33. yang mau mendirikan bts di perum taman tridaya indah Tambun tanah saya bisa utk bts. hub saya di Pin BB 7492B807

  34. o…ya pak Eko kira2 proses tu biasanya brp lama, dan kalo mau menghub telkom di Martapura Kalsel bisa nggak

    • Tidak ada patokan pasti berapa lamanya mbak. Untuk Telkom Group (termasuk Telkomsel), untuk kebutuhan tower biasanya diurus anak perusahaannya, PT Mitratel.
      Saya ga yakin Telkom di daerah mengetahui progressnya. Biasanya minimal di tingkat provinsi atau bahkan pusat yg tahu progressnya.

  35. salam…
    mas mohon penceraan..bolehkan minta kontaknya??
    terimakasih

  36. Gimana hasil test drive sinyal indosat juni 2014 di citra indah mas bro? http://www.citraindahresidence.com

    • Katanya untuk 3G memang lemah. Suspect ada obstacle dan jauh dari tower. Cuma kayanya dia tidak bawa alat untuk cek interference frequency.

  37. to pak fernando : utk wilayah bangka tepatnya desa jurung itu sudah dibangun tower milik telkomsel yang mengarah ke koordinat desa jurung towernya berada di kecamatan baturusa (depan smp negeri). hanya saja kondisi geografis desa jurung yang terletak di dataran lembah dan perkebunan yang mempengaruhi optimalisasi layanan…tapi dengan adanya informasi dari bapak akan kita teruskan kepada tim lapangan untuk di tindak lanjuti…demikian terima kasih. by heri

  38. Selamat siang pak Eko
    Saya Mau minta Pendapat Anda,
    Saya punya Saudara yg Berada Di pilau Maluku Tepatnya Wetar-Lurang-Kisar,
    Disana Terkendala Oleh Tidak Adanya Sinya Di Daerah Itu,
    Bagaimana Caranya Bila saya Ingin Membantu Meraka Mendapatkan Fasilitas Komunikasi Di Daerah Tersebut,
    Sadangkan Saya Berada Di Jawa,
    Mohon Petunjuk Dan Arahanya
    Agar Saya Setidaknya Bisa Membantu Pengajuan Sarana untuk mereka
    Terimakasih
    Mohon Di bls Di Email Eny.trisna@gmail.com

    • Dear Mbak Eny,
      Untuk pengajuan BTS, biasanya operator akan memberi perhatian lebih jika surat pengajuan diajukan oleh instansi resmi pemerintahan. Misalnya setingkat bupati. Surat bisa dilengkapi data – data pendukung seperti : jumlah desa yg akan di-cover, jumlah penduduk, potensi ekonomi, potensi wisata, dll. Surat bisa diajukan melalui kantor perwakilan operator terdekat, misalnya di Ambon atau ke regional seperti di Makassar atau Menado.
      Terima kasih.

  39. siang pak , ,
    bagaimana cara memberikan informasi ke team sitac
    bahwasannya saya memiliki tanah kosong untuk tower??

    tolong pencerahannya pak
    terima kasih

    harap di balas ya pak ke email
    rahmancoll@hotmail.com

    • Susah pak. Karena masyarakat umum tidak tahu kapan dan dimana posisi kandidat tower yang akan dibangun oleh TLP atau operator. Jadi meski menghubungi tim Sitac, jika tidak ada kebutuhan di tanah bapak, yaa tidak dibangun.

  40. Terima kasih Bapak Eko YW atas tulisannya. Sekarang saya menjadi tahu.🙂 Saya mau tanya nih Pak, bagaimana kalau saya ingin tahu sebaran BTS di daerah saya? Apakah Bapak mempunyai daftar koordinat lokasi BTS? Bagaimana cara saya mendapatkan daftar kordinat BTS?

    • Biasanya itu rahasia operator mas. Dalam artian operator tidak sembarangan memberikan data tersebut ke orang lain. Biasanya yg membuat database ini malah pihak vendor jaringan, seperti NSN, Ericsson dll karena mereka yg melakukan instalasi awal.

  41. SAYA PUNYA LAHAN DATARAN TINGGI DI PERBATASAN CIREBON KUNINGAN. POSISI TANAH PINGGIR JALAN. LUAS 10M X 29M. YG BERMINAT UNTUK PENDIRIAN TOWER MANGGA SILAHKAN CEK LOKASI SAJA I DESA MATANGAJI KEC. SUMBER, KAB. CIREBON.
    kisaran lokasi saya belum ada tower. kalo di desa sebelah sudah ada 1 tower kalo tidak salah pnya Telkomsel.
    YG BERMINAT BISA HBNGI SAYA DI : aris.rahmat.hidayat4@gmail.com

  42. Saya punya beberapa lahan. Daerah pantura,, juga daerah. Yg dilewati pembangunan tol Cirebon_semarang,, saya tawarkan untuk disewa Untuk pendirian BTS. Juga untuk SPBU,, ada 15 lokasi,, Dan bagi yg berminat harap. hubungi,, Abdul Basri,, Hp,087830446698,,, email: abdulbasri56@Yahoo.com

  43. Dear pada bos bos berar
    Di desa saya sulit ada siyal
    Penduduk banya kalao mau telpo cari siyal sampai naik di atas pohon baru dapet siyal.
    Ada tanah mau di sewa
    Apabila berminat untuk pembangunan tower
    Di desa aku pasti maju, penduduk sekita 10 ribu lebih, kalao sampai ada tower pasti maju. Kalo minat bisa hubungi di hp EM3 085733345888 XL 083848194986 telkomsl 082391029159 bisa hubugin nomer ini

  44. Salam, saya punya tanah 600m di Kebon Duren Kali Mulya Depok, sangat berminat / menawarkan untuk pembangunan Tower / Menara BTS, silahkan kontak saya di 0877 8176 5299, Tks Henri

  45. Oya saya juga punya lahan 2200m di pinggir jalan nasional, dekat terminal antarkota, di Pasir Jebrot Cianjur, berminat juga untuk di sewakan untuk pembangunan tower / menara silahkan kontak saya di 0877 8176 5299, Tks Henri

  46. saya mau sewakan lahan tempat kota pati deket jaln

  47. Pak, saya sekarang sudah punya lahan di kab Sukabumi, yang disewa Indosat awalnya (sekarang tower bersama). Masa sewa sdh mau berakhir, tapi tidak tercapai kesepakatan harga, jadi di terminate. Memang sekarang boleh bangun tower baru utk pindahkan bts yang dari tempat saya?

    • Kalo hasil nego deadlock, yaaa bisa terjadi bu. Operator, misalnya Indosat, bisa jadi pindahkan perangkat BTS ke tower terdekat jika ada. Dan Tower Provider (TBG), bisa jadi melakukan relokasi tower ke lokasi terdekat di sekitarnya. Tentu ada itungan bisnisnya, misalnya biaya sewa yang ibu minta berapa dibandingkan dengan biaya relokasi tower. Yang jelas, pertimbangan utama adalah layanan seluer di daerah itu tidak boleh terganggu terlalu lama karena masalah ini.

  48. gan,,ada yang punya database existing tower telkomsel gk ?

    trims

    • Ada gan…
      Orang TSEL-nya yang punya😀
      Secara umum, database ini tidak dipublikasikan dan hanya digunakan untuk kepentingan internal.
      Sehingga akan sulit mendapatkannya.

  49. saya punya tanah siap di dirikan bts bos

  50. Saya mau tanya,kl saya ingin menyewakan tanah untuk membangun tower indosat menghubungi siapa,kebetulan satu kecamatan tempat saya tinggal belum ada tower indosat.

    • Silahkan ke Galeri Indosat terdekat. Tapi belum tentu gol yaa mas… Maklum, tentu banyak pertimbangan yang lain.

  51. Gan, dikampung sebelah mau dibangun bts. akan tetapi ada kendala dari warga yg gk setuju.kelihatanya akan digeser jika tdk ada kata sepakat. nah yg sy tanyakan jika digeser seberapa jauh jarak gesernya dari titik sebelumnya? siapa tau jika digeser nanti tepat di tanah pekarangan sy he he he…. thanks mohon pencerahan.

    • Wah… di kampung sebelah? Berapa km jaraknya mas? Biasanya sih kalo geser hitunganya dalam radius sekitar 200 meteran.

      • Sekitar 2 km gan. Jadi lebih dari 200 m gk bisa ya. Maksih infonya.

  52. bagai mna caranya kalau sy mengajukan surat atau apa supaya didesa sy bisa dibangun menara, karena disana blom ada yg dibangun

  53. Arah dari Tumpang, Indonesia ke Jalan Wijaya Kusuma, Asrikaton, East Java, Indonesia
    Anda menerima arah.

    http://maps.BlackBerry.com?startLat=-8.01592&startAddress=Tumpang%2C+Indonesia&endLat=-7.9617&endLon=112.67436&endAddress=Jalan+Wijaya+Kusuma%2C+Asrikaton%2C+East+Java%2C+Indonesia&shortest=false&avoidHighways=false&startLon=112.69691&avoidTolls=false

    1. Berangkat dari Tumpang, Indonesia.
    2. Menuju W.
    Ke 2.1 mi.
    3. Belok kanan.
    Ke 0.3 mi.
    4. Belok kiri ke Jalan Baran Tegaron.
    Ke 0.3 mi.
    5. Lanjutkan pada Jalan Baran Gribig.
    Ke 1.0 mi.
    6. Lanjutkan pada Gang Lesanpuro12.
    Ke 0.1 mi.
    7. Belok kanan ke Jalan Ki Ageng Gribig.
    Ke 1.3 mi.
    8. Lanjutkan pada Jalan Raya Sekarpuro.
    Ke 0.3 mi.
    9. Belok kiri ke Jalan Wijaya Kusuma.
    Ke 0.5 mi.
    10. Ke T 55 ft.
    11. Tiba di Jalan Wijaya Kusuma, Asrikaton, East Java, Indonesia.
    Telpon. Nomer Ini 082391029159 aku tunggu. Dari rohim

  54. Waktu: 19 jan 2015 17:43
    Lintang: 5 8′ 0.9522′
    Bujur: E 112′ 41.8172′
    Akurasi: 25.11 m
    Jumlah satelit: 7
    Tumpang
    Indonesia

    Arah dari Tumpang, Indonesia ke Jalan Wijaya Kusuma, Asrikaton, East Java, Indonesia
    Anda menerima arah.

    http://maps.BlackBerry.com?startLat=-8.01592&startAddress=Tumpang%2C+Indonesia&endLat=-7.9617&endLon=112.67436&endAddress=Jalan+Wijaya+Kusuma%2C+Asrikaton%2C+East+Java%2C+Indonesia&shortest=false&avoidHighways=false&startLon=112.69691&avoidTolls=false

    1. Berangkat dari Tumpang, Indonesia.
    2. Menuju W.
    Ke 2.1 mi.
    3. Belok kanan.
    Ke 0.3 mi.
    4. Belok kiri ke Jalan Baran Tegaron.
    Ke 0.3 mi.
    5. Lanjutkan pada Jalan Baran Gribig.
    Ke 1.0 mi.
    6. Lanjutkan pada Gang Lesanpuro12.
    Ke 0.1 mi.
    7. Belok kanan ke Jalan Ki Ageng Gribig.
    Ke 1.3 mi.
    8. Lanjutkan pada Jalan Raya Sekarpuro.
    Ke 0.3 mi.
    9. Belok kiri ke Jalan Wijaya Kusuma.
    Ke 0.5 mi.
    10. Ke T 55 ft.
    11. Tiba di Jalan Wijaya Kusuma, Asrikaton, East. Java, Indonesia.
    NIK: 3507162509930004
    Nama: Rohim
    Tempat: Malang
    Alamat: DSN Panggung
    RT/RW: 038/ 004
    Desa/Kel: KIDAL
    Kecamatan: Tumpang

    Lahan lebar 20 meter persegi
    Hubungi kalao minat buat tower BTS 082391029159

  55. sekedar Info. Saya punya beberapa lahan di sulsel tepatnya di pare2. saya ingin menawarkan pembangunan tower atau bts,, ada juga lahan yg bisa di jadikan bangunan minimarket, krn sangat strategis. makasih boss.
    klo ada yang minat hub saya 085255505789 a/n muh fadli yahya

  56. Saya menawarkan lokasi tanah utk pemasangan tower jaringan telkomsel/indosat, baik di sewa ataupun di jual. Lokasi dusun kelakau desa tanjung keliling kec seberuang kapuas hulu kalbar (1 desa 3 dusun terpencil saat ini blm ada jaringan handpon )

  57. ass.saya dari kepulauan pangkep mas.ingin bertanya mengenai cara untuk mengajukan proposal ketelkomsel untuk membangun tawer dipulau saya mas.terima kasih atas penjelasannya.

    • Waalaikumsalam. Bisa langsung titip surat ke Grapari terdekat pak. Misalnya ke Makassar. Lebih bagus lagi, jika yang minta adalah pemerintah setempat, misalnya bupati, dan ada info singkat prospek pelanggannya.

  58. ass, saya ingin bertanya ke mas eko
    mengenai cara mengajukan proposal tower bts / mega tower bts
    dan lokasinya di daerah aceh timur

    bisa berikan pencerahannya mas.

  59. Tanah Ane mw di sewain buat tower BTS..daerah Jl. Cihanjuang kota cimahi Lt.20 Tumbak.contac via email.mamvicious678@gmail.com

  60. Di daerah kami,tepatx di desa Gunung kesan kecamatan karang penang kabupaten sampang banyak yang menggunakan telkomsel,tapi sinyal/jaringannya kurang maximal apalagi 3G nya. Kami mohon agar di desa kami di pasangin Tower BTS.
    Terima kasih…..!!!

  61. saya punya rumah dan masih ada sisa tanah +- 30M2 & 40M2 didaerah ciledug parung serab jika disini ada petugas lapangan pihak perusahaan telekomunikasi ingin mendirikan provider BTS silahkan dicek ke rumah kami karena sinyal dirumah kami bagus semua sperti XL,Telkomsel,3,Axis,dan esia sungguh prospek dan menguntungkan deh bagi perusahaan DIJAMIN.kami juga punya tanah lebih dari 1 hektar di aceh tengah disana baru ada BTS telkomsel BTS XL belum ada di kampung kami makanya kami menawarkan lahan tanah yang saat ini masih bersifat kebun jika ada yang minat perusahaan KUSUSNYA buat XL kami persilahkan untuk bangun BTS karena disana saingannya cuma ada telkomsel doang.
    jika ada temen2 yg punya kenalan orang lapangan perusahaan telekomunikasi untuk mendirikan BTS silahkan hubungi saya 082117525201 & 083894227505 (fajar)

  62. Bismillah…saya ibu rahma dr sulawesi selatan ingin mengajuka tempat saya kepada bapak untuk pembangunan tower luasnya skitar 10 are bapak saja pilih dimana titik yg bagus…tempatnya strategis dan g ada tower disini..berhubung saya juga pa sedang butuh dana…tolong partisipasinya dan dibantu pa’…no. Saya 082348690140:::kalo bisa secepatnya..

  63. Ass.wr.wb.
    Mohon izin dishare Mas Eko, saya memiliki tanah bersertifikat dengan 3 lokasi di Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalimantah Selatan, perusahaan telekomunikasi yang akan mendirikan provider BTS silahkan dicek, hubungi di email srihadi74@gmail.com.
    Wass.

  64. ass.wr.wb
    maaf pak eko, saya sering mendapat permintaan dari masyarakat dan kepala desa khususnya yang sangat sulit untuk mendapat signal untuk berkomunikasi untuk mengajukan proposal pembuatan BTS, namun sampai sekarang saya belum tahu kemana proposal ini di tujukan. mhn bantuan pak eko agar masyarakat khususnya didaerah tulang bawang yang masih sulit mendapat signal dapat di bangun BTS.
    wassalam

  65. Pak, saya ada lahan tanah dan disekitar belum ada menara BTS,,Tanahnya ada di daerah ketidor desa kemaan Mojokerto,,kalau ingin mengajukan proposal gmn ya pak caranya

  66. FYI, kalau di lingkungan atau daerah bapak/ibu memang sulit signal telekomunikasi, belum ada jaringan, bisa diajukan ke Pemda setempat. Karena pemda akan membuat cell planning menara dalam perda/perbup, sehingga pembangunan menara, koordinatnya sesuai dengan peraturan cell plan pemda. Masalahnya, jika tower provider membangun menara tidak sesuai dengan perda, maka akan ditebang. Sampaikan aspirasi bapak/ibu ke pemerintah daerah setempat. Terima kasih🙂

  67. mas Eko YW, saya punya tanah di daerah rajeg kabupaten tangerang dengan akses jalan bagus sayangnya hanya sinyal telkomsel saja yang lainnya blep-blepan.
    Populasi penduduk di daerah rajeg padat apalagi ada proyek pemerintah pembangunan sejuta rumah sehingga sangat berkembang.
    Jika butuh lokasi (tanah) untuk pembangunan tower BTS hubungi herki_purbaya@yahoo.co.id atau 085219353381
    terimakasih sebelumnya

  68. Assmkum….
    Mas Eko kalo boleh bisa gak tolong ajukan tanah saya ingin disewakan oleh Tower BTS dari operator apa saja…… tanah saya berada di bogor… N saya punya info smartfren sedang membangun tower sendiri di beberapa daerah, mungkin Mas eko bisa bantu sya…
    sebelum nya trmakasih Mas….
    Ni No Hp saya 0857 8111 2428

  69. Pak Eko salam kenal.bisa tanya alamat untuk bag pendirian tower BTS wilayah kebumen jateng.karena sy mau sewain tanah.tepatnya di daerang kec sempor kebumen
    Tks

  70. siang pak eko.
    saya ingin mengajukan mendirikan tower operator t-sel.
    di karenakan jaringan t-sel yg berada di desa kami sering hilang sinyal.
    apakah pak eko bisa membantu memproses agar di desa kami di dirikan tower t-sel.
    untuk lokasinya DESA SUKAJADI TENGAH PERBAUNGAN SUMUT.
    sebelumnya kami sangat berterimakasih jika didirikannya tower tersebut.
    bisa hub saya 082317737326.

  71. Selamat Malam,Pak…
    Melihat Diskusi diatas…Ditempat saya Juga,di Kab.Kepulauan Talaud,Propinsi Sulawesi Utara, disini Ironisnya di Ibukota Kabupaten ini Melonguane,Hanya ada Satu BTS Telkomsel,yang Merupakan SATU2nya Provider disini,…dan selama delapan Tahun Terakhir ini kita kesulitan mengakses Jaringan Internet yang Baik. tadi saya juga sudah email ke Tower Bersama Group ( TBG) Menyampaikan secara singkat perihal tersebut.Saya juga sudah dead lock Tidak tahu mau Nanya Kemana Lagi.
    Padahal saya sudah menyampaikan ke Provider terkait masalah ini selama tiga tahun terakhir,namun tidak ada realisasi sama sekali.
    Mohon Petunjuk Pak,…saya harus nanya sama siapa lagi?
    Lahan / Lokasi sudah saya siapkan…soal Tandatangan/persetujuan sudah pasti bisa didapat dengan mudah,karena seluruh Masyarakat di Kabupaten Kota ter Utara di Indonesia ( Melonguane ) sampai saat ini tidak mendapatkan Perhatian,Terimakasih

    • Selain ke TBG, mungkin bisa ditindaklanjuti ke kantor operator terdekat seperti ke Indosat dan XL, dll untuk survey kelayakan bisnisnya pak. Tentang jaringan internet, biasanya untuk daerah kepulauan terkendala masalah transmisi. Karena tidak bisa mengandalkan fiber optic dan jarak antar tower yang berjauhan, menyebabkan transmisi dari tower ke BSC/RNC sering harus menggunakan satelit, yang mana biayanya lebih mahal dan kapasitas terbatas yang menyebabkan internet juga lambat. Beberapa yang sedang plan dicoba adalah dengan program Loon dari Google yang rencana mau diterapkan di beberapa daerah terpencil.

  72. Kami mempunyai gedung berlantai 3, lokasi sangat strategis di daerah padat pemukiman penduduk dan merupakan pusat perekonomian kota Kediri Tabanan Bali. Untuk itu kami bermaksud menawarkan Rooftop kami tersebut untuk dibangun BTS. Untuk informasi lebih jelas bisa buka pada Link:
    http://olx.co.id/iklan/disewakan-rooftop-ruko-untuk-penempatan-bts-IDg3wqk.html#4491c617d8

  73. dulu pernah ada yg mantau ditanah saya katanya mau dibeli untuk dibuat tower indosat tapi keluarga saya maunya disewa gan, jadi sekarang kalo ada yg mau beli untuk dibuat tower indosat silahkan hubungi saya 085869631427, lokasi batang jawa tengah

  74. Selamat malam… maaf …Sebelumnya saya mau minta penjelasan dari pusat XL yang sejelas-jelasnya, di propinsi nusa tengara barat, kota bima, kecamatan raba, kelurahan penane. dari tahun 2004. di kasih Rp. 40 juta. dan katanya XL 15 tahun atau 20 tahun degan ayah saya syarifudin abubakar (alm).
    Kemarin saya sudah pernah tanya ke kantor XL di bima lngsung, untuk tanya detail tentang surat-surat kontrak aslinya bersama siapa.? ada tidak.?
    Ternyata tidak jelas dan Katanya kurang tau.!!!
    Cuma hanya ada file secara bicara aja, yang di simpan di komputer, itu yang di print di kasih ke saya, tidak ada tercantum tahun, kontrak atau sewa. hmmmmm….?

    Jadi mulai dari sekarang tahun 2016 kedepan ini Semuahnya kita mau mulai dari nol dan detail.
    Saya butuh komfirmasi dari pusat XL, karna saya mau bertemu langsun,

    Dan kalo masi mau kerjasama untuk sewa dan tambah lagi, yg di samping-samping tower juga masih ada yg luas kosong, mumpung sinyal ya full.
    Nama: Arif.
    Ini nomor hp saya:

    Okey…Maaf jika ada kata-kata yg salah.
    Samlekum…

    • maaf ini nomor saya: 081337747190

  75. Dengan hormat,

    Sebelumnya saya ingin memperkenalkan nama saya Fitria. Ayah saya mempunyai sebidang tanah di daerah desa Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat. Bagaimana caranya kalau ayah saya ingin bekerjasama dalam pendirian suatu Tower dimana ayah saya sebagai pemilik tanah/lokasi?
    Jika berkenan bapak bisa hubungi saya di email : fitrimarshella@gmail.com
    contact: 085716313039

    Terima kasih.

    Fitria

  76. saya punya lahan di kota ende flores ntt, rencana mo di jual kpd provider yg berminat,kepemilikan tanah menjadi hak pembeli…silahkan kalo ada yg tertarik dengan penawaran menarik ini , bisa hub saya 08123910114

  77. Saya punya beberapa lahan di daerah kabupaten ci anjur jawa barat untuk di sewakan /di jual untuk mempasilitasi telekomunikasi di indonesia
    Untuk menghunungi 0858-6286-4726

  78. Dengan Hormat :
    Perkenalkan nama saya kamal,ortua mempunyai lahan tanah di daerah bojong gede bogor.
    mungkin apabila ada yang berminat untuk membangun/mendirikan tower BTS,lahan ini bisa di sewakan.

    hub : 085711569988
    trima kasih.

  79. Salam kenal Pak,

    Perkenalkan saya Wilu Pak, tanah ayah saya diwilayah Cirebon saat ini sudah disewa BTS dr XL. Perjanjian kontrak awalnya 20th dengan masa pembaharuan per 5th dengan ketentuan kenaikan 10% per 5th dr harga sebelumnya. Yang ingin saya tanyakan apakah disaat masuk kurun waktu pembaharuan berikutnya harga sewa bisa dinegokan lagi Pak ? Lalu jika kita mengajukan penjagaan untuk lahan sewa tersebut siapakah yang membayar penjaga dan apa ketentuannya. Mohon informasinya Pak,,,terimakasih

  80. salam kenal pak…
    saya nuridin dari dukuhwaru – kabupaten tegal…
    mau menyewakan tanah untuk tower, bagaimana prosesnya yah…

  81. Salam Kenal Buat Operator Lapangan Untuk Penyedia Bts Telkomunikasi Seluler
    Disi Saya Mengajukan Penawaran Pemasangan Bts Untuk
    Operator = Smartfren Dan Xl
    Di Desa Saya Yg Ber Alamat Kan
    Desa Sebau
    Kce = Gelumbang
    Kab = Muara Enim
    Propinsi Palembang
    Dengan Lahan Yg Di Sediakan Ukuran = Lebar 20 Meter Panjang 27 Meter
    Untuk Lahan Pembagunan Bts
    Posisi Tempat Strategis
    Di Pingir Jalan Utama I Desa Sebau Bertempat Di Tengah2 Desa Sebau Samping Sd 1 Desa Sebau
    Di Desa Ini Di Kelilingi 8 Desa Yang Belum Ada Sama Skali
    Bts Operator = Smarfren Dan Xl
    Dan Pada Tahun 2018 Nanti Desa Sebau Ini Akan Menjadi Kecamatan
    Dan Gelumbang Akan Menjadi Kabupaten Nya
    Jika Ada Operator Bts Yang Ber Minat Nensurvey Lapangan Nya Silkan
    Hubungi Di No = 081377757799 Dan 085758666789 A?N Dendi
    Nb, Lahan Adalah Milik Pribadi Dan Sudah Mempunyai Sertivikat Tanah Nya
    Terimakasih Semoga Ada Yg Ber Minat Amin

    • Setau saya di Gelumbang sudah ada beberapa tower operator seluler.

  82. Mas Eko.. mau konsultasi dikit mslh BTS Rooftop… skrg ruko saya tleh disewa dn tlh dibangun antena BTS Rooftop slama 5 th.. Yang pingin saya tanyakan apakah ada kmungkinan antena BTS tersebut pindah ke gedung/lahan yang lain apabila 5 tahun kemudian harga sewanya saya naikkan 300%. Trimakasih

    • Kalo soal kemungkinan, jelas ada Bli. Operator dan tower provider tentu juga punya itung2an bisnis. Apalagi jika kiri kanan ruko Bli ada yang bersedia memberikan harga sewa lebih murah.

  83. Sedia tanah kosong 500 mter persegi d daerah bekasi …
    Untuk d sewakan … bagi yg minat telpon
    085721341519

  84. @Pak Eko saya mau tanya dan shearing. Di lahan orang tua saya ada provider XL tinggi tower kira2 30 meteran yang kakinya ada 3. Di tower itu kira2 sudah ada 5 provider yang ikut gabung. Tahun depan kontraknya sudah abis. Lokasi lahan di Tangerang Selatan. Mohon infonya Pak Eko kira2 berapa yaa harga sewa untuk 10 tahun kedepan.??
    Apakah ada perhitungannya? dan pertimbangan untuk harga tahun 2017?
    Terimakasih Pak Eko.
    subankits_al@yahoo.com

  85. saya punya lahan kosong di daerah Pangkah Tegal, dan pernah ada yang survey katanya mo buat bangun BTS, tapi pas saya ngga di rumah cuma pesan sama kakak katanya nanti kalo cocok mo dihubungi, saya tunggu ngga ada informasi lagi. minta tolong barangkali minat hubungi.

  86. Mas eko..bisa minta nope ama emailnya.saya ada lahan 1800M2 di desa satrean kec maron kab probolinggo.belum ada BTS telkomsel,indosat.esia,klau minat hub firdaus 081314142917.email nafirdaus@gmail.com

  87. Di daerah tempat tinggal saya susah signal semua provider selalu putus putus ga perna bisa stabil,dan kebetulan tidak ada tower berdiri di daerah saya,mungkin ada pihak yang berminat mendirikan tower bisa hubungi saya di 082234613122 / fahribobsaid@gmail.com kebetulan saya ada lahan kosong di belakang rumah,daerah cibereum gang sawah kelurahan mulyaharja kecamatan Bogor Selatan Jawa Barat…

  88. Mau tanya sya punya lahan di way kandis ingin disewakan di telkomsel


Tinggalkan Balasan

Kategori

