Oleh: ekoyw | Oktober 12, 2011

Bendera Sea Games (Lagi)

Sea Games tinggal menghitung minggu dan hari. Perhelatan olahraga negara-negara Asia Tenggara ini akan digelar 11-11-11. Entahlah.. asyik benar kayanya memilih angka itu.

Sumatera Selatan, sebagai salah satu tempat penyelanggaraan Sea Games pun jadi perhatian bangsa ini. Di Metro TV beberapa hari ini dimuat berita dengan headline menyolok “DARURAT SEA GAMES” yang menyoroti lambatnya pembangunan fisik venue yang akan dipakai.

Bagaimana dengan daerah lain di Sumatera Selatan yang sejak berbulan-bulan lalu diwajibkan mengibarkan bendera Sea Games? Jawabannya merana. Bendera – bendera itu sudah banyak yang terkoyak. Kalaupun masih utuh, warnanya sudah pudar dan banyak noda-noda hitam debu yang menempel yang menunjukkan bendera tersebut tidak pernah dicuci apalagi di ganti.

Bukan hanya di instansi swasta, bendera yang dipasang di depan kantor pemerintahan pun kondisinya sangat-sangat merana, seperti dalam gambar berikut ini :

Bendera Sea Games di Kantor DPRD

Nampak bendera Thailand hanya satu tali bendera yang masih terikat, sementara bendera Malaysia dan Vietnam serta satu negara lain “bernasib” lebih baik dengan dua tali yang masih terikat di tiang. Dan Sang Saka Merah Putih masih bernasib lebih baik lagi dengan masih terikat sempurna meski dengan warna yang pudar karena dijemur, terkena hujan siang malam selama berbulan – bulan. Mungkin anggota dewan terlalu sibuk bekerja meskipun tidak jelas, bekerja untuk siapa….

Sepertinya bendera yang dipasang di gedung DPRD ini bendera generasi pertama yang dipasang karena seperti terlihat di bendera Malaysia, Thailand dan Vietnam, ada perbedaan ketajaman warna antara dua sisi bendera. Salah satu sisi terlihat lebih tajam dan sisi lain lebih buram. Seperti hasil sablon di satu sisi saja dan bukan dari hasil pembuatan bendera yang benar – benar serius.

Keadaan lebih baik terlihat di bendera yang dipasang di depan kantor pemerintah di bawah ini. Tidak ada yang terjuntai atau lepas dari tiangnya. Keadaan bendera juga lebih bagus daripada foto di atas. Meskipun masih tertangkap kesan kusam dan buram karena kurang perawatan.

Depan Instansi Pemerintah

Kedua foto di atas hanyalah sebuah contoh dan masih ada lagi di beberapa tempat yang lain. Bahkan yang lebih memalukan malah lokasi dimana bendera Merah Putih yang bernasib paling buruk dengan hampir terlepas dari tiangnya dan dibiarkan berhari-hari berkibar tanpa ada perbaikan.

Entahlah, apa yang ada dalam benak para penyelenggara negeri di tingkat lokal ini ketika menyambut Sea Games. Apa berpikir ini adalah ajang untuk menyambut tamu bangsa yang harus dihormati dan kesempatan memperkenalkan bangsa ini pada bangsa lain. Atau hanya sekedar ini ada proyek pasang bendera, yang penting bendera sudah dipasang dan sudah dibayar beress… Jika bendera rusak lagi toh nanti ada proyek pengadaan lagi.

Indonesia adalah negara besar di ASEAN. Bersama Thailand, Malaysia, Filipina dan Singapura menjadi founding father di ASEAN. Sehingga akan memalukan jika pelaksanaan Sea Games ini serampangan, apa adanya dan selevel dengan negara-negara ASEAN yang baru bergabung.

Sungguh, suatu pertaruhan besar bagi Sumatera Selatan khususnya dan bangsa ini pada umumnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: