Oleh: ekoyw | Maret 14, 2013

G-NetTrack, another drive test tool for Android…

Semua berawal sekitar seminggu lalu saat sebuah email muncul di HP Mbak Andro-ku. Seorang teman di wilayah timur Indonesia mengabarkan tentang sebuah software G-NetTrack. Awalnya tidak aku anggap serius karena software untuk monitoring sinyal seluler di Android boleh dibilang sangat banyak jumlahnya meski hanya beberapa saja yang memenuhi harapan.

G-NetTrack sendiri secara lengkap bisa dibaca di sini. G-NetTrack bisa juga digunakan sebagai pelengkap dari RF Signal Tracker. RF Signal Tracker sendiri bisa di baca di blog-ku di sini.

G-Net Tracking

G-Net Tracking

Oke… akhirnya aku download aplikasi G-NetTrack dari toko mainan (baca : Playstore) Mbah Google. Sekilas, tidak ada yang istimewa. Data BTS tidak muncul di aplikasi seperti kebanyakan aplikasi sejenis. Tapi nanti dulu, ditampilan email yang di-forward-kan temanku itu kok data BTS-nya muncul. Selidik punya selidik ternyata harus membuat sebuah file teks (.txt) yang kemudian dimasukkan ke folder G-NetTrack-Logs -> cellfile di HP Android.

Format cellfile.txt itu adalah sebagai berikut :

CELLNAME        LAT              LONG               LAC        CELLID    AZIMUTH    TECH    NODE
Air_Dingin_1    -3.35858    102.44979    28993    35234      145                 2G
Air_Dingin_2    -3.35858    102.44979    28993    35235     240                 2G
Air_Dingin_3    -3.35858    102.44979    28993    35236     345                 2G

Dengan keterangan sebagai berikut :

CELLNAME adalah nama sektor dari BTS tersebut. Harap diingat, penulisan cellname ini jangan ada spasi. Pada awalnya, cellname-ku, misal Air_Dingin_1 aku tulis biasa Air Dingin 1. Hasilnya, tidak keluar tampilan BTS di aplikasi G-NetTrack. Ini sedikit berbeda dengan RF Signal Tracker yang membolehkan spasi. Hal ini karena RF Signal Tracker menggunakan file dengan format .csv sehingga tiap kolom data sudah diberi pemisah koma “,”. Sementara file .txt tidak ada pemisah kecuali spasi. Sehinga jika ditulis Air Dingin 1 bisa – bisa CELLNAME adalah Air kemudian LAT adalah Dingin dan seterusnya.

LAT adalah latitude yang menunjukkan koordinat garis lintang dari BTS tersebut.

LONG adalah longitude yang menunjukkan koordinat garis bujur dari BTS tersebut.

LAC adalah Local Area Code.

CELLID adalah Cell ID dari sektor BTS tersebut.

AZIMUTH adalah arah antenna sektor BTS tersebut dalam derajat. Kolom ini yang beda dan tidak terdapat di RF Signal Tracker. Data ini sebenarnya digunakan untuk menggambar arah antenna BTS di aplikasi sehingga pengguna dapat lebih mudah memperkirakan coverage dari sektor BTS tersebut.

TECH adalah Technology yang dipakai oleh BTS tersebut, apakah 2G atau 3G

NODE digunakan jika GSM maka dikosongkan, jika 3G diisi dengan No RNC dan jika 4G diisi dengan eNodeB ID.

Untuk memudahkan, tinggal buka saja aplikasi Excel buat sesuai kolom di atas dan save as ke .txt. Jika sudah lengkap, jangan lupa masukkan file cellfile.txt ini ke folder cellfile di dalam folder G-NetTrack-Logs di HP.

Sekarang saatnya mencoba berkeliling…

Aktifkan G-NetTrack. Kita akan mendapatkan 4 tab menu utama, yakni :

  • Cell : Berisi ringkasan data sektor BTS yang sekarang melayani HP kita mulai dari MCC, MNC, LAC, RNC, CELLID, dll.
  • Nei : Berisi informasi cell neighbors/tetangga di sekitar cell yang sekarang melayani kita. Tetapi, seperti disebutkan oleh developernya, cell neighbors ini hanya bisa ditampilkan dibeberapa jenis HP yang telah dites sebelumnya seperti Sony, HTC, Alcatel dan LG.
  • Map : Berisi peta google map. Sayang, belum bisa disetting agar peta yang ditampilkan bisa juga peta offline. Ada pilihan untuk memilih informasi apa yang akan ditampilkan di peta ini, yakni : Level kuat sinyal yang diterima, Kualitas, Cell, Download rate, Upload rate dan kecepatan. Yang sedikit mengganggu adalah tingkat pewarnaan yang tidak lazim saat kita memilih level. Umumnya, saat drive test, sinyal terkuat sampai terlemah akan digambar dengan titik berwarna hijau terang – kuning – jingga dan merah untuk sinyal terlemah. Namun dalam aplikasi ini, terkuat adalah merah – jingga – kuning – hijau – biru – abu-abu dan hitam untuk yang terlemah.
  • Info : berisi informasi tentang HP dan sofware G-NetTrack yang sedang dipakai.

Sebelum memulai drive test, pastikan BTS beserta arah sektornya sudah tampil di peta dengan cara pilih menu – settings dan centang : Show Sites, Show Serving Line dan Show Cell Names.

Jangan lupa aktifkan GPS. Jika HP kita sudah mengunci satelit GPS yang berarti posisi kita di peta sudah sesuai posisi sebenarnya maka kita tinggal jalan melakukan drive test. Jika ingin menyimpan log file, tekan menu dan pilih Start Log. Jika sudah selesai jangan tekan End Log.

Ada yang sedikit mengganjal dengan cara Start – End Log ini.  Jika sudah tekan start log, kemudian kita melakukan drive test. Jika suatu saat ada telepon yang masuk ke HP kita maka akan meng-interupt proses logging ini. Dan, entah mengapa, kita harus melakukan Start Log lagi dari awal. Hasil Logging sebelumnya yangdi-interupt telpon masuk juga tidak bisa kita buka di google earth.

Satu kelemahan yang lain adalah tidak adanya fasilitas untuk memutar atau menampilkan lagi file Log tersebut di aplikasi G-NetTrack di HP. Jadi hasil log hanya bisa dibuka di PC. Di sini RF Signal Tracker lebih unggul karena ada fasilitas Big Picture untuk menampilkan log yang sudah ada dan bisa memutar kembali tracking yang sudah dilakukan.

Kita juga dapat melakukan pengetesan kualitas call dan data dengan menekan menu – settings dan isi parameter di voice sequence dan data sequence.

Setelah end log, kita dapat mengolah file log tersebut dengan google earth untuk keperluan lebih lanjut. Hasil file log tersebut bisa seperti berikut :

Hasil G-NetTrack dibuka dengan Google Earth

Hasil G-NetTrack dibuka dengan Google Earth

Overall…. berikut keunggulan G-NetTrack dibanding RF Signal Tracker :

  • Data yang dikumpulkan lebih bervariasi, misal yang berhubungan dengan call, data dan quality dan tidak melulu sekedar kuat sinyal yang diterima HP.
  • Tampilan peta dan BTS lebih bagus karena menyertakan arah sektor dari BTS. Sehingga memudahkan memperkirakan service area dari sektor tersebut.
  • Disediakan situs tersendiri untuk mengolah data log kita jika kita tidak sempat install Google Earth. Situs tersebut berada di sini yang disebut G-NetDiag.

Sedangkan kelemahannya antara lain adalah :

  • Tidak ada fitur untuk melihat log yang sudah dilakukan langsung di HP.  Hasil log hanya bisa dilihat melalui PC, google earth atau ke situs pembuatnya.
  • Putusnya log saat ada call yang masuk juga mengganggu yang membuat harus logging ulang dari awal.
  • Pengelompokan warna kuat sinyal yang lumayan aneh karena sedikit keluar dari pakem yang sudah ada dari warna hijau – kuning -merah menjadi warnah merah – kuning – hijau – biru- hitam.
  • Sayang, neighbors cell hanya bisa dilihat di HP tertentu. Daftarnya di sini.

Semoga bermanfaat…

UPDATE !!!!

Karena beberapa permintaan, berikut urutan bagaimana aku membuat dan menampilkan cellname.

  • Aku mulai dari membuat file cellfile di Excel. Lhoo ?? Yaaa alasannya simple. Karena cellfile yang aku buat ada lebih dari 17000 Cell ID. Jadi cara paling gampang ya lewat Excel dan tinggal di save as ke .txt

 

Buat cellfile di Excel

Buat cellfile di Excel

  • Nah…. berikut penampakan file cellfile.txt nya.
Cellfile.txt

Cellfile.txt

  • Setelah itu, tinggal copy file cellfile.txt itu.
Copy cellfile ke Folder G-NetTrack

Copy cellfile ke Folder G-NetTrack_Logs

  • Dan berikut hasilnya
Hasil sebelum di zoom

Hasil sebelum di zoom

 

Setelah di-zoom

Setelah di-zoom

Note : Ini contoh untuk BTS 3G yaa… sebab kebetulan mau monitor yg 3G dan berhubung jumlah cell ID-nya sudah 17 rb an. Yaa sudah, yang 2G tidak dimasukkan.

Semoga berguna.


Responses

  1. “Pengelompokan warna kuat sinyal yang lumayan aneh karena sedikit keluar dari pakem yang sudah ada dari warna hijau – kuning -merah menjadi warnah merah – kuning – hijau – biru- hitam.” —> Ini bisa dirubah gak ya pak? menjadi warna yang normal dari hijau-kuning-merah. kalo manual mungkin bsa tapi terlalu lama karena harus rubah per titik warnanya.

    • Wah… aplikasi ini bukan saya yang buat bro. Hanya me-review saja. Harus contact dulu ke programmer-nya.

      • Bisa di rubah, masuk ke setting kemudian cari LEVEL COLOR

      • Yup bro, yang ane tulis itu masih versi awal. Sekarang sudah di-update lagi.
        Thanks buat update-nya.

  2. mas gimana caranya menggunakan G net trace
    kon punya saya gak keluar celname. cellID

    • cellfile.txt nya sudah dibuat? Sudah benar formatnya? Sudah diletakkan di folder G-NetTrack_Logs? Terus masuk setting, Show Sites, Serving Line dan Cell Names sudah di-enable?

      • FYI, g-nettrack bukan hanya sekedar untuk drive test..tidak perlu membuat cellfile.txt dan ditempatkan di folder g-nettrack_logs, penambahan file tersebut hanya untuk menambah info tampilan di maps..
        seharus nya hanya dengan membuka aplikasi nya saja sudah bisa menampilkan informasi seperti misal nya LAC, CELLID, RXLEV..

      • Benar. Begitu juga beberapa aplikasi yang lain, seperti RF Signal tracker.

      • BTW, saya sudah membuat file cellfile.txt seperti ditunjukkan di atas tetapi tetap tidak keluar seperti pada gambar 1, kenapa yah?

      • Coba dilihat lagi formatnya. Ada beberapa teman yang juga gagal. Ternyata formatnya beda. Atau ada juga yang antara data longitude dan latitude-nya terbalik. harusnya misalnya 102,123 dan 4,123 menjadi 4,123 dan 102,123 cuma karena salah nempatin header mana yang longitude dan latitude.

  3. deang kasus yang sama kenapa foldernya tidak ada di hp andoridku ya.bisa dibatu dak caranya

    • Yang ga ada folder apa bro? Coba cek di /sdcard/G-NetTrack_Logs/cellfile ada ga folder cellfile?

      • punya saya kok nggak muncul yah bro.
        aplikasi yang di butuhkan apakah yang pro atau lite.?

      • mas ko saya tidak bisa muncul ya sudah saya save

  4. sudah ada kang, cuma kok line cell servingnya dak tertuju ke cell servingnya ya, malah lari jauh dari cell serving, bagaimana caranya atur agar linenya benar terliha dari cell tedekat.

    • Coba di-cek lagi cellfile-nya, termasuk koordinat-koordinat dari CI tersebut, Bli.

  5. numpang tnya bro..yang membuat software ini siapa ya?? dan tahun berpa pembuatannya pertama kali dipatenkan?? terimakasih

  6. mohon informsinya..thx

  7. mas, saya mau minta pencerahan tentang membaca hasil dari drive test tersebut di laptop, terima kasih ASAP

    • Coba dilihat yg RF Signal Tracker mas. Ada cara pengolahan datanya di Mapinfo.
      Kalo hanya dilihat biasa, tinggal di-save dan convert ke KML dan buka di Google Earth.

  8. om eko kok ga mau keluar ya di map nya,

    CELLNAME LAT LONG LAC CELLID AZIMUTH TECH NODE
    Air_Dingin_1 -3.35858 102.44979 28993 35234 145 2G
    Air_Dingin_2 -3.35858 102.44979 28993 35235 240 2G
    Air_Dingin_3 -3.35858 102.44979 28993 35236 345 2G

    udah ikut format ini, tapi masih ga keluar, ada yang salah dimana ya?

    • Help plissss, ^_^

      • Sudah benar belum cellfile-nya? Koordinat LAT LONG-nya sudah benar belum? Punya teman pernah kebalik, harusnya Indonesia BT 102 derajat dan LS 3 derajat. Berhubung terbalik, jadi lokasi towernya malah disekitar Inggris sana😀

    • LAC dan CELLID sudah bener kan? Milik ane pernah tidak keluar juga. Ternyata data LAC dan CI-nya sudah diganti sama teman – teman planning😀

  9. saya jg ga muncul nih cellname-nya😦
    bisa di print sreen om yg sdh berhasil..???
    nuhun

    • btw, menurut pak Eko lbh enak pake RF signal tracker ato G-Net track..??

      • Sudah saya update yaa di tulisan di atas.
        RF Signal Tracker dan G Net Track?
        Ehmmm…. sama – sama punya keunggulan masing2 kok mas.
        RF Signal Tracker terasa lebih ringan. Tapi punya keterbatasan kalo jumlah cell id banyak, tidak bisa di-input. 17 rb data CI di atas, belum sukses ane masukin ke RF Signal tracker😀
        G-Net Track, unggul jika hasil drive testnya mau dianalisa lebih jauh lagi. Dia juga didukung perusahaan profesional. Lain dengan RF Signal tracker yang sepertinya hanya dikembangkan perorangan.

      • MANTAP.. emejing,,
        Hatur nuhun om..
        btw, kalo ada LAC split masih muncul Cell namenya ga..??
        atau harus Update database lagi..??

  10. Ijin tanya om eko
    Bisa dapt dat cellname ma azimute dari mana ya
    Maaf blm tau pemula om

    • Cara paling sabar yaaa ngumpulin satu2 ke setiap tower yg ada bro.
      Kecuali punya kenalan orang dalam operator seluler😀

  11. Mas eko mw tanya..klo cara locking cell gimana caranya?misal ingin locking 1 sektor saja dan sektor itu 3g.trmksh

    • Ini locking cell untuk 1 sektor untuk keperluan test call ya mas? Nah… ini yg belum ketemu caranya😀
      Kalo lock ke 3G, sudah tahu kan caranya…. kalo aku biasanya pake *#*#4636#*#*

  12. om data-datanya download dimana ya om ? ane butuh data2nya yang 3G dan 2G om kalo ada, makasih

    • Nah… rata – rata data-data tersebut adalah data internal perusahaan bro. Kalopun bukan rahasia perusahaan, data-data tersebut juga bukan untuk konsumsi umum🙂

  13. MAS EKO CARA ,MEMASUKAN CELLFILE NYA ITU APA DARI ANDROIT KITA D G-NETRACK APA HARUS NYAMBUNG KE LAPTOP DL.
    ??DAN AP KITA BISA PAKAI SDB DR OPERATOR YG SDH ADA CELLNAME,LONG LAT.LATITUDE, DLL?? MOHON PENCERAHANNYA MAS.MAKLUM PEMULA

    • Yaa langsung saja, bikin file cellfile di PC dan pindahkan ke handphone.
      Data dari operator? tentu sangat bisa dan harusnya lebih akurat. SDB atau NDB operator biasanya data2nya detail, tinggal ambil yang perlu dan susun dalam file cellfile.

  14. Assalamualaikum Wr.Wb
    Mas saya baru belajar menggunakan G-NetTrack dan juga baru dalam dunia telekomunikasi seluler, saya mau bertanya gimana sih menentukan LAT, LONG, LAC, CELLID untuk G-NetTrack ini, mohon penjelasannya…

    • Wa’alaikumsalam.wr.wb.
      Cara paling gampang yaa kita ke tower terdekat. Hidupkan GPS kita, kalo sudah terkunci, maka info LAT – LONG akan kita dapat. Untuk LAC dan CELLID, ada banyak aplikasi android yang bisa menampilkan info LAC & CELLID dari sinyal yang saat ini melayani HP kita. Kita bisa catat dari sana. Sehingga harus sabar mencatat satu per satu kecuali kita punya akses ke operator yang bersedia men-share data tersebut.
      Terima kasih

  15. mas Eko, saya mau pakai GNetTracks ini ke jalur mudik di Jawa. Yg paling bingung, gimana ya cara dapetin data uplaod dan download. Situs apa yang harus diisikan ke setting Upload di Data Squence? Kalau yg setting download kan kita bisa kasih link download mp3 atau pdf di wordpress. Ditunggu banget mas, maturnuwun banget

  16. untuk long lat semua sudah bener tapi tetap tidak keluar
    kenapa ya??
    bisa kirim contohnya yg sudah jadi

    • Bisa copy paste milik ente bro? Harusnya kalo sudah benar, otomatis terdeteksi dan di-load saat awal buka G-NetTrack.

  17. Bang bisa minta email, mau tanya?tanya buat tugas akhir bang

  18. bang…
    aplikasi ini bisa me-record data drive test kaya RF Signal Tracker juga gak bang?
    mohon bantuannya..

    • Bisa… silahkan dicoba

  19. om, share dunk apk yang uda pro nya….. ke email bisa om….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: