Oleh: ekoyw | April 22, 2014

Citra Indah dan Transportasinya

Well…. setelah hampir tiga bulan menghuni Citra Indah, secara umum belum ada keluhan… kecuali satu, transportasi dan akses ke lokasi. Dari tol Jagorawi, Citra Indah dikenalkan sebagai Kota Nuansa Alam di Timur Cibubur. Tapi kalo kita keluar tol Cikarang ke arah Jonggol, disebut Kota Nuansa Alam di Selatan Cikarang. Nah lhooo…. hehehe. Memang sih, dua – duanya benar. Kalo lihat di peta dan digambar sebuah persegi panjang dengan sisi Jl Tol Jagorawi – Cibubur di barat, Jl Tol Cikampek – Cikarang di utara, Jl Trans Yogie Cibubur – Jonggol di Selatan dan Jl Cikarang – Jonggol di Timur maka posisi Citra Indah persis di pojok tenggara persegi panjang tersebut, pertemuan antara Cikarang – Jonggol dan Cibubur – Jonggol.

Daripada bingung, coba lihat lokasi Citra Indah di – screen shot Google Maps berikut :

Citra Indah ke Semanggi

Citra Indah ke Semanggi

Waktu tempuh peta di atas adalah dari perkiraan Google pada saat ambil data rutenya siang hari ini lho ya. Jadi bener, di timur Cibubur dan selatan Cikarang😀

Dari lokasinya yg nun jauh tersebut sudah terbayang problem utama adalah transportasi. Memang benar ada angkot 24 jam di depan kompleks tetapi pertanyaannya adalah butuh berapa jam kita ke lokasi tujuan, misalnya ke Semanggi. Ada juga Feeder busway dari Citra Indah ke Blok M/Grogol yang beroperasi mulai sebelum shubuh sampai selepas Isya’ tetapi juga masih memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan itu antara lain adalah :

  • Jadwal. Jika kita searching ke berbagai site/blog yang merujuk ke Citra Indah. Jadwal feeder pertama duuuulluuuuu jam 05.30 WIB. Tetapi kemudian mundur teratur tiap 15 menit dan sekarang bis pertama berangkat jam 04.30. Daaannnn pada hari Senin keberangkatan pun maju 15 menit, alias pukul 04.15. Bisa kebayangkan kalo warga Citra Indah itu pada rajin bangun pagi hehehehe. Dengan jadwal bis pertama, biasanya akan sampai Semanggi sekitar pukul 05.30 pagi. Aku biasa sampai kantor pukul 06.00 malah seringnya kurang dari pukul 06.00, saat security masih berpakaian PDL dinas malam dan OB pun masih 1 – 2 yang datang. Alhasil, Masjid kantor yang dituju untuk membayar kurang tidur hehehe. Tapi, bagiku pribadi, bangun pagi dan rutinitas pagi seperti ini tidak masalah kecuali saat hujan atau macet hikss. Bagaimana jika naik bis kedua jam 04.45 dst ??? Yaa siap – siap sampai Semanggi jam 07.00 pagi atau bahkan bisa lebih. Yang jadi masalah itu saat jam pulang kantor. Jadwal bis feeder Citra Indah tidak bersahabat bagi yang pulang kantor jam 15.00 – 16.00 yang biasanya sudah nongkrong di Semanggi sejak jam 16.30. Pada jam segitu, Semanggi dan tol dalam kota sebetulnya masih lancar jaya. Harapan bisa segera sampai rumah pun tidak tercapai. Bis Feeder baru berangkat pukul 16.30 dari Blok M dan 16.45 dari Citraland dan rata – rata sampai di Semanggi jam 17.00 saat kondisi jalan mulai merambat bahkan di tol dalam kota. Alhasil, rencana sampai rumah jam 18.00 – 18.30 bahkan sebelum Maghrib pun tinggal impian. Dengan bis pertama baru datang jam 17.00 bahkan lebih maka sampai rumah rata – rata jam 19.15 – 19.45 atau bahkan bisa sampai lebih dari jam 20.00 malam. Tinggal dihitung berapa waktu tersisa buat keluarga dan istirahat. Sering membayangkan bagaimana jika kelak tambah tahun bis feeder berangkat semakin pagi (baca : malam)? Soal jadwal ini, muter – muter ke beberapa situs marketing Citra Indah, kok banyak yang belum update yaaa? Apa karena jadwalnya semakin pagi (baca: malam) sehingga tidak menarik dari sisi marketing? Tapi ketemu juga yang update dan bisa dilihat di bawah :
Jadwal Bus Citra Indah - Grogol

Jadwal Bus Citra Indah – Grogol

Jadwal Bus Citra Indah - Blok M

Jadwal Bus Citra Indah – Blok M

  • Penumpang. Salah satu keluhan warga Citra Indah adalah banyaknya warga non Citra Indah yang naik bis terutama saat pulang kerja. Sehingga saat pulang kerja, jika tempat duduk penuh, minimal anda harus berdiri dulu sampai keluar tol Cibubur dan baru setelah itu satu persatu penghuni tempat duduk turun. Memang susah sih untuk mendefinisikan penumpang ini benar ke Citra atau tidak. Tetapi mungkin bisa dibuat aturan misalnya saat kembali ke Citra Indah maka penumpang terdekat adalah yang turun di Cileungsi. Memang sih, kalau kita pandang dari sisi operator bis, maka akan memandangnya dari sisi bisnis. Baik itu masalah jadwal maupun penumpang, tentu masalah okupansi penumpang bis jadi pertimbangan utama. Meski sisi kenyamanan dan pemenuhan kebutuhan warga kompleks Citra Indah juga harus diperhatikan.
  • Jurusan. Hanya ada dua, Blok M dan Citraland. Dari FB Citra Indah, sudah banyak usulan untuk menambah jurusan misalnya ke Tanjung Priok. Tapi entah lah…
  • Jumlah Armada. Resminya ada 5 bis yang masuk jadwal dalam sehari. Dan tentu masih kurang karena jarak keberangkatan relatif tidak sama antara bis pertama dan selanjutnya dalam satu hari. Demikian pula saat kembali dari Jakarta. Anda harus ingat betul kira – kira jam berapa bis akan lewat.  Misalnya jika anda menunggu jam 15.00 di Semanggi maka siap – siaplah menunggu selama sekitar 2 jam hehehe.
  • Rute. Bis menempuh rute dari Citra Indah – Cibubur – Tol Jagorawi – Tol Dalam Kota. Daerah Cibubur – Cileungsi merupakan daerah macet. Satu titik dibenahi, muncul titik lain. Titik macet di Jembatan Cileungsi dibenahi dan relatif lancar, muncul lagi macet selepas Fly over Cileungi – Metland – Harvest City. Bagaimana jika feeder busway di re-route lewat Tol Cikarang ??? Menarik juga kayanya.. Sing penting cepet sampai😀

Bagaimana jika berganti – ganti transportasi. Masalahnya hanya pada sifat ngetem angkot / bis kota yang ada. Juga jika berganti – ganti maka jatuhnya bisa lebih mahal. Di sini feeder busway punya kelebihan.

Bagaimana tentang rencana akses ke Citra Indah? Ada beberapa rencana pembangunan tol, jalan, KRL yang sempat sliweran di internet. Oke, coba kita bahas.

  • Tol JORR2 Cimanggis – Cileungsi – Cibitung. Katanya sih nanti memotong di sekitar Harvest kemudian ke arah Cibitung. Tetapi sampai sekarang boleh dibilang tidak ada perkembangan berarti dari rencana tol ini. Akses tol Nagrak – Cimanggis yang ada progres pembangunan dan bisa diharapkan sedikit mengurai kemacetan di Cibubur. Tetapi meski ruas tol ini jadi, yang jadi pertanyaan adalah mampukah ruas tol Jagorawi Cimanggis sampai dalam kota dan Cibitung sampai dalam kota menampung tambahan kendaraan yang melintas? Karena muara ruas tol Cimanggis – Cibitung ini tetap kedua ruas jalan tol utama tersebut yang pada saat jam sibuk sekarang ini saja sudah macet luar biasa. Tol hanya menambah nafsu orang memakai mobil pribadi.
  • Jalan Poros Tengah Timur. Ini rencana menghubungkan Bogor – Puncak – Cianjur – dan Deltamas di Cikarang. Konon untuk mengatasi kemacetan di Puncak. Dan konon melewati Jonggol. Tetapi beberapa situs, misal di Sentul Nirwana, jalan ini akan memotong kecamatan Tanjung Sari, satu kecamatan arah Cianjur dari Jonggol. Progressnya? Minimal saat pernah jalan – jalan ke Kec Sukamakmur dan mencoba jalur Puncak 2, belum ada perkembangan atau kegiatan pembangunan yang bisa di lihat.  Jalur Poros Tengah Timur bisa ditemukan  di sini atau bisa dilihat gambar di bawah. No 1 adalah tol Cimanggis – Cibitung. No 12 adalah jalur Rel Nambo – Cikarang. No 9 dan 10 adalah Jalur Poros Tengah Timur.
Jalur Poros Tengah Timur

Jalur Poros Tengah Timur

  • KRL Cibinong – Cileungsi – Cikarang. Benar Cikarang akan ada KRL proyek double – double track. Cibinong ada dari stasiun Nambo. Tapi ke Cileungsi apalagi Citra Indah?? Sebetulnya KRL ini paling relevan mengatasi kemacetan. Juga punya keunggulan dari sisi biaya dan waktu pembangunan dibanding tol. Toh di negara – negara maju lebih mengedepankan KRL daripada kendaraan bermotor. Progressnya? Cikarang ada progress. Nambo – Cibinong? KRL-nya aja belum berfungsi meski infrastrukturnya siap. Ke Cileungsi? Sama kaya nasib tol..😀
  • Ada lagi berita info jalan tol lintas tengah/selatan dari Jakarta – Jonggol – Cianjur  terus sampai ke Tasik. Tapi sepertinya rencana ini juga menguap entah kemana.

Saat browsing, ketemu Peta Struktur dan Pola Ruang Penataan Ruang Kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak dan Cianjur yang dibuat oleh Badan Koordinasi Tata Ruang Nasional. Untuk daerah Cileungsi dan Jonggol, jika di-capture maka akan seperti berikut :

Rencana Jabotabekpunjur

Rencana Jabotabekpunjur

Terlihat ada rencana tol Cimanggis – Cileungsi – Setu – Cibitung yang ditunjukkan dengan garis coklat tebal putus – putus. Sementara di sekitar daerah Jonggol, terdapat garis putus – putus warna hitam yang merupakan rencana rel kereta api. Rencana rel kereta api ini dari Jonggol lurus ke utara ke Cikarang. Kemudian ke barat, melewati belakang Taman Buah Mekarsari, sampai Cileungsi. Di Cileungsi sendiri, menjadi ‘pertigaan’ rel kereta api. Ke Barat Daya menuju Cibinong dan ke Utara menuju Bekasi. Kalo melihat peta ini, sangat – sangat menarik. Tapi kembali ke pertanyaan, kapan ????

Rencana – rencana di atas, sebagian besar sudah dipublikasikan secara umum dan dengan mudah bisa kita cari peta rencananya di internet. Tapi tentang implementasinya… mungkin nunggu mau pensiun kali yaaa hehehehe.

Segala kekurangan transportasi ke Citra Indah di atas mau tidak mau memaksa penghuninya untuk kreatif. Untuk pulang kerja misalnya, penghuni Citra Indah bisa memanfaatkan beberapa bus instansi seperti Kementrian Perhubungan, Kementrian Luar Negeri, Kementrian Pertahanan atau bahkan bis – bis TNI/Polri yang lewat atau bahkan tujuan akhir ke Citra Indah. Bis – bis ini, rata – rata bisa mengantar sampai rumah lebih cepat dibandingkan jika kita menunggu bis Citra Indah.

Atau bisa juga numpang bis milik perumahan Grand Nusa Indah, yang baru ada beberapa minggu terakhir, yang juga rata – rata datang lebih cepat 15 menit daripada bis Citra Indah di Semanggi saat jam pulang kantor dengan resiko nyambung angkot dari Grand Nusa Indah ke Citra Indah yang tinggal 4 – 5 km. Selisih 15 menit saat keberangkatan di Semanggi, bisa berarti selisih 1 jam kedatangan atau malah lebih saat tiba di Citra Indah.

Usulan buat Citra Indah. Konsep feeder busway bagus meski perlu perbaikan mulai jadwal, jumlah armada, rute, tujuan dll. Tetapi, jika suatu saat Jakarta benar – benar sudah macet total dan harus berangkat lebih pagi lagi maka mengirimkan bis – bis ke Jakarta juga kurang membantu. Mungkin bisa dipikirkan membuat shuttle terjadwal ke stasiun – stasiun KRL terdekat, misalnya ke Depok atau Cikarang juga sudah aktif.

Penutup :

Sore itu di halte Semanggi, dibawah jembatan penyeberangan. Dua warga Citra Indah sedang duduk berbincang sambil nunggu bis Citra yang sampai jam 17.00 itu belum juga datang. Membicarakan berbagai kabar angin surga tentang jalan akses di belakang Citra Indah, tol, kereta, dll.

A : “Nasib e wong ga nduwe duit yo Mas. Duwe omah adoh tenan. Untung ga dewean, minimal sing senasib wong sak bis.”

A & B : Hahahahaha….. tertawa ngakak bersamaan dan segera loncat bareng mengejar bis Citra Indah yang datang.

Updated :

Sejak hari ini, tanggal 22 November 2014, Citra Indah sudah membuka trayek baru feeder busway ke Mal Artha Gading. Trayek ini dilayani oleh 2 bis ukuran 3/4. Bisa jadi pilihan nih buat yang bekerja di daerah Kelapa Gading atau Tanjung Priok. Tentang Jadwal… silahkan googling sendiri yaa. Kalo nggak salah, masing – masing bis dua kali pulang pergi Citra Indah – Mal Artha Gading setiap hari.

Peremajaan bis arah Grogol dan Blok M pun sudah mulai dilakukan meski tampaknya baru 1 bus baru yang tersedia.

Juga sudah ada layanan shuttle dengan kendaraan sejenis Elf ke Citraland Kuningan. Kalo kata orang Citra Indah sih untuk mengurangi warga Citra Indah yang bekerja di Kuningan pada ke Semanggi nyegat bis Citra Indah dari Grogol atau Blok M tapi ujung – ujungnya ga dapat tempat duduk.

Bagi yang ingin tahu sukanya tinggal di Citra Indah, bisa klik di sini. Dan untuk dukanya (hikkss..) di sini

Update lagi (7 Mei 2015)

Berbicara tentang angin surga KRL ke Citra Indah, seperti tidak ada habisnya. Apalagi sejak Stasiun Nambo diaktifkan untuk KRL sejak 1 April 2015. Mungkin karena sudah capek lewat jalur tradisional Trans Yogie dan Tol Jagorawi karena macetnya. Serta juga trauma saat kenaikan BBM kemarin, berimbas demo Angkot di Cileungsi yang berimbas juga ke bis Feeder Citra Indah yang sempat jadi korban penyanderaan sekelompok pengemudi angkutan umum di sekitar Terminal Cileungsi dan aku jadi saksi sejarahnya hehehehe… Memang, kenaikan BBM ini mengakibatkan kenaikan ongkos transportasi. Kalo dulu sekitar 30 rb sudah bisa untuk pp, maka sekarang berkisar antara 35 – 40 rb yang harus dikeluarkan sehari. Ini juga pertimbangan untuk melirik ke KRL.

Kembali ke KRL, aku coba browsing dan ketemu situs ini :

https://railwaysindonesia.files.wordpress.com/2011/12/pm-_no-_43_tahun_2011.pdf

Link di atas adalah Rencana Induk Perkeretaapian Nasional. Dan jelas tercantum rencana pembangunan KRL di sekitar Nambo – Cileungsi – Jonggol – dan Cikarang.

Kapan ?? Di halaman 48 peraturan menteri tersebut, ditemukan seperti berikut :

Timeline Jalur Kereta Nambo - Cikarang

Timeline Jalur Kereta Nambo – Cikarang

Pembangunan direncanakan 2016… Dan…. sekarang sudah 2015. Adakah progress infonya? Sampai sekarang nyaris tidak terdengar. Ruas Parungpanjang – Citayam yang rencana dibangun 2011 pun sampai sekarang belum terdengar kabarnya. Dan susahnya, biasanya berganti pemerintahan akan berganti kebijakan. Sama seperti jaman sekolah, ganti menteri ganti kurikulum… hehehehe. Contoh kecil, rencana monorail Cibubur – Cawang di jaman SBY berganti menjadi LRT Cibubur – Cawang – Dukuh Atas di jaman Jokowi yang kabarnya akan groundbreaking 17 Agustus 2015 nanti.

Jika dibangun, Sekali lagi jika lho yaa… hehehe, akan lewat mana yaa? Dari link ini http://www.dllajkabupatenbogor.com/2014/10/rencana-pengembangan-kereta-api.html

Didapatkan gambar peta seperti berikut :

Rencana Pengembangan Kereta Api Bogor

Rencana Pengembangan Kereta Api Bogor

Terlihat dari Nambo akan dibangun ke utara, menyusuri raya Narogong sampai Cileungsi, untuk kemudian terpecah menjadi dua, ke arah Bekasi dan Jonggol. Sehingga warga CI tinggal pilih, naik kereta lewat rute Cileungsi – Nambo – Citayam – Depok atau Cileungsi – Bekasi – Jakarta.

Tapi yaa itu tadi…Jika dibangun lho yaa…dan tepat waktu…. hiksss.


Responses

  1. Sama-sama penghuni Citra Indah mas bro, kalau untuk investasi prospek kedepannya bagus mas bro.

  2. Sudah ada update terbaru jadwal shuttle bus bandara sukarno hatta – citra indah bro, silahkan dilihat di: http://www.citraindahresidence.com

  3. mas bro mau nanya nih klo dr citra indah kedelta mas kira2 klo pake motor brp mnt ya?

    • Sekitar 30 – 1 jam bro..
      Kalo ke arah Cikarang, relatif tidak macet dibanding arah Cibubur. Cuma yaa saingannya truk – truk semua😀

  4. Rupanya pembangunan rel plus stasiun Cikarang-Setu-Cileungsi-Nambo-Cibinong-Citayam harus segera direalisasikan Pemda Jabar. Pasalnya, saat ini KRL menjadi primadona angkutan darat yang murah, cepat dan aman. Kalau kita hanya mengandalkan transportasi bus dan angkot maka masyarakat akan banyak terjebak pada kemacetan,copet banyak dan pemalak angkutan umum. Keuntungan yang tidak kalah penting dan sangat bermanfaat adalah Tbuh cepatnya pemerataan pembangunan ekonomi di wilayah selatan Bekasi dan Bogor. Akhirnya akan berimbas pada kesejahteraan di wilayah tersebut.Hal ini jika disadari oleh Pemda Jabar untuk segera membangun stasiun2 tsb paling tidak pertengahan tahun 2014 ini maka tak ayal lagi kemajuan pembangunan ekonomi dan kemajuan lainnya akan terwujud. ini harus segera direalisasikan oleh ulil amri Jabar.

  5. Akhirnya kita diberikan info sangat bagus. Rupanya pembangunan rel plus stasiun Cikarang-Setu-Cileungsi-Nambo-Cibinong-Citayam harus segera direalisasikan Pemda Jabar. Pasalnya, saat ini KRL menjadi primadona angkutan darat yang murah, cepat dan aman. Kalau kita hanya mengandalkan transportasi bus dan angkot maka masyarakat akan banyak terjebak pada kemacetan,copet banyak dan pemalak angkutan umum. Keuntungan yang tidak kalah penting dan sangat bermanfaat adalah Tbuh cepatnya pemerataan pembangunan ekonomi di wilayah selatan Bekasi dan Bogor. Akhirnya akan berimbas pada kesejahteraan di wilayah tersebut.Hal ini jika disadari oleh Pemda Jabar untuk segera membangun stasiun2 tsb paling tidak pertengahan tahun 2014 ini maka tak ayal lagi kemajuan pembangunan ekonomi dan kemajuan lainnya akan terwujud. ini harus segera direalisasikan oleh ulil amri Jabar.

  6. Mas Bro mau nanya neh klo dr perum citra indah jam 6.00 pagi menuju ke Gor dekat Kantor Walikota Bekasi kira2 klo pake motor brp mnt ya? terus mesti lewat jalan mana ya yg tercepat menuju tujuan? heheee.. sorry mas bro bnyk bertanya soalnya ada rencana mau beli rumah di CI dan blm banyak mengenal jalan, thanks.

    • Waduh… belum pernah coba jam 6.00 ke Bekasi Om. Paling gampang yaa lewat Citra Indah – Cileungsi – Bekasi Timur.

  7. citra indah cileungsi/jonggol itu kalo internetnya pake apa yg unlimited ya ? kisaran berapaan ? Firstmedia belum masuuk ya kaeknya ? saya liat2 rmhnya di sana kaeknya bagus , asri, sejuk, bagus, tapi sayang sekali macetnya udha terkenal kaeknya

    • Sudah ada beberapa provider internet via kabel FO. Tapi terus terang ane ga pake bro. Ane ngenet pake jaringan seluler saja😀

      • mas, internet via FO, sapa aja provider yg udah ada? trims.

      • Kalo teman ane, langganan pake innovate mas. Katanya sih cepet. Kalo ane sendiri ga pake. Cukup puas dgn sinyal seluler di sana.

      • mantap bro.. innovate pakai moratel, ok di darat, tp putus2 fo nya di laut xixixi

  8. thanks infonya Mas.. saya sebenarnya berminat sekali beli rumah di sana.. tapi kalo dengan kondisi transportasi ky gini… jadi mikir.. saya kerja di wilayah pondok indah..biasanya dari kantor dapat jemputan Taxi pulang pergi, tapi kayanya ga akan ter-cover bila tinggalnya segitu jauhnya… kira2 kalau pakai sepeda motor dari CI sampai jl Fatmawati brapa jam ya??..😦

    • Waduuuhh… belum pernah nyoba naik motor sampai fatmawati bro…

  9. Tadi pagi iseng nyari jadwal bis grand nusa indah nyasar ke blog ini. Saya sekarang ngontrak di legenda wisata, sejauh ini paling pagi baru pernah ikut bis citra indah yang jam setengah 6an nyampe legenda wisata, kalau ndak salah ini yang jam 5:15 dari citra indah. Berencana jam 5 sudah stand by didepan legenda, mau tau kalau jam 5 sudah naik bis nyampe komdak jam berapa🙂 Salam kenal mas🙂

    • Kayanya kalo jam 5.30 an udah nyampe Legenda, bukan bis jam 5.15 deh mas. Mungkin malah yg jam 5.00. Sebab kok cepet bener… ya
      Kalo ga salah bis GNI kalo pagi berangkat jam 5 dari GNI, dan sore jam 16.15 dari Grogol. Salam kenal juga.

  10. Salam kenal bos..saya sudah ada juga rumah disana tepatnya dibukit Ravenia, tetapi belum saya tinggalin yah kendalanya sama seperti bos2 diatas kejauhan.

    Mudah2ah ada project pemerintah / swasta mengenai transportasi dalam waktu dekat ini.

    oh yah info saja untuk akses internet disana sudah pakai kabel Fiber Optic namanya Innovate cepat dan murah langganannya hanya Rp 170 ribu/bln sudah dapat Internet 3 Mbps + TV Lokal kalau mau daftar ini ada pin bb marketingnya 21800AAA.

    Semoga Pemerintah yang baru ini Jokowi & Jk bisa lebih cepat lagi program pembangunannya. Amin.

    • Turut mengaminkan saja bos…
      Kalo saya berharapnya bukan ke jalan tol. Karena jalan tol ini hanya menggoda orang untuk terus menambah mobil dan pada akhirnya akan macet kembali.
      Berharapnya pada KRL. Tahun depan 2015, target KRL Cikarang selesai. Semoga bisa lanjut dengan menarik relnya ke selatan ke Jonggol. Atau minimal ke Lippo Cikarang….. Ngarep.com hehehehe

  11. saya juga berharap KRL aja, untuk sementara mengharapkan GNI depan kantor pas 16:30 (kantor slipi)

  12. Waduuuh,… saya malah baru mau beli rumah disana,.. beli ga ya ?… semoga diberikan ketabahan hidup,.. ^^

    • Tenang bro….
      Kan ga sendirian yang ngerasain, minimal kan satu bis yang ngerasain hehehehe….
      Welcome to the club😀

    • mas/pak aat. sy sdh 3 thn di CI tptnya di amarilis. lmyn utk invest. dulu sy beli 67jt tipe 72 skrg sdh 164jt. 100jt dlm 3 thn. lmyn…..jalanin aja pak drpd sewa hehe…..bravo

      • Yup… rumah saya di Lavender yang setahun lalu harga KPR sekitar 309 jtan juga sekarang (dgn tipe yg sama di-cluster lain) seharga sekitar 360 jtan.
        Meski… terus terang ane berpendapat kenaikan harga investasi properti itu semu, yang kata teman ane malah cenderung spekulatif. Jika ane jual rumah ane dan laku dgn harga 360 jt, kalo dibuat beli lagi yaa dapatnya tipe yang sama… tidak lebih besar. Maaf… pengamat amatiran😀

  13. Sangat berharap keberadaan KRL ke Citra Indah (CI). Keluhan terbesar saya di feeder bus cuma masalah penumpang non-warga CI saat pulang kerja spt yang Pak Eko tulis. Mengesalkan memang.

    Terakhir saya hanya sanggup menjadi komuter dari Feb – Jul 2014, lalu memutuskan “back to the city” dengan menyewa di Jakarta. Rumah di CI sekarang hanya dikunjungi dua kali sebulan.

    http://eleazhar.blogspot.com/2014/07/the-day-i-gave-up-as-commuter-part-2.html

    • salam kenal. sy sdh di CI cluster amarilis. sy lbh pilih naik motor sbb waktu tempuhnya hampir sama kalo pagi ke jkrt tepatnya di citraland. pulang start pkl 14.30 tiba 17-17.30 incl. isi bensin dan rest.

      • Wuiih…. masih siang pulangnya bro? Enak nih..

    • Wah… berarti Bro eleazhar hampir barengan dengan pertama saya masuk ke CI. Februari mungkin bukan bulan yang cocok masuk ke CI, soalnya masih puncak2nya musim hujan. Jadi langsung disambut sengsaranya akses ke sana hehehe…
      Tapi saya yakin, tiap sesuatu di dunia ini ada polanya yg harus kita temukan. Termasuk masalah transportasi ini. Saat ini, saya relatif tidak terlalu kesulitan masalah transport untuk pulang pergi kerja ke sekitar Monas. Sekarang dalam seminggu, naik bis Citra paling sering hanya Senin pagi. Di luar itu, pulang pergi ke kantor naik bis departemen. Atau kalo ketinggalan saat pulang kantor, naik bis umum ke Cileungsi dan ganti angkot. Pilihan ini terpaksa diambil daripada sudah capek lama nunggu bis Citra di Semanggi dan juga ga dapat tempat duduk.

  14. mas ekoyw

    saya sebenernya minat nih melihat harga dan lokasinya, tapi begitu baca aksesnya.. wuih luar biasa perjuangannya😀

    kira-kira kalo naik motor sampai ke daerah Pasar Rebo berapa lama ya mas waktu yang ditempuh?
    saya masih sanggup sih kalo berangkat jam 06:00 , kalo kurang dari jam segitu kayaknya susah😀

    • Waduuhh… sana sendiri juga belum pernah nyoba naik motor sampe Pasar Rebo mas. Apalagi nyoba naik motor jam 06.00. Sudah ngeri duluan sama banyaknya truk2 besar antara Cileungsi – Citra Indah😀
      Perkiraan saya yaa sekitar 1,5 – 2 jam jika berangkat jam segitu.

  15. Salam kenal mas eko, saya juga calon penghuni citra indah..😀 alhamdulillah sekarang masih proses pembangunan rumahnya.. di cluster cattelya.

    Sampai saat ini saya juga masih galau, apakah nanti rumahnya langsung ditempati atau dibiarkan saja. Berhubung pekerjaan saya sebagai programmer yang kadang bisa pulang malam malah pagi.. hehe

    Saya sangat setuju jika ada KRL yang minimal sampai ke cileungsi. Oiya kalau jarak tempuh dari cibinong ke jonggol berapa lama ya mas? apakah ada transportasi umum juga dari cibinong kesana?

    Kalo misal rumah di citra indah disewakan, kira-kira ada orang yang berminat gak ya..😀

    • Wah… kalo jadi programmer,kerjaan dibawa pulang aja masbro😀 Susah juga kalo jadi programmer, sebab seringnya dapat inspirasi itu pas sudah larut malam (Jadi curcol nih hehehe).
      Biasanya sih, setelah serah terima rumah, cluster tidak langsung ramai. Yaa paling nunggu antara 6 bln – 1 tahun untuk ramai dan banyak penghuninya.
      Kalo transportasi umum ke Cibinong, yaa naik angkot ke Cileungsi terus dari Cileungsi ganti naik angkot ke arah Cibinong. Kalo bawa motor harusnya lebih cepat. Cuma ati2 saja masbro, jalur ini saingan sama truk2 besar. Beberapa kali saya lihat bikers tewas mengenaskan di jalur ini. Ini juga jadi alasan saya lebih memilih parkir motor di penitipan motor Citra Indah.
      Kalo rumah disewakan, yg minat jelas ada. Cuma, kayanya sudah banyak rumah yang disewakan di Citra Indah. Jadi harus pinter2 ngasih harga karena bersaing dengan rumah di cluster lain yang mungkin lokasinya lebih bagus daripada di Cattleya.

  16. Salam kenal, sy sndri dulu smpat 4 thn tinggal d citra indah, klustrr bukit raya, kntr d sekitara monas medan merdeka barat, tiap hari nglaju…sampe suka d ledekkin temen2, tinggal d tempat buang anak jin, hahaha. Pada akhirny setelah punya anak sy memilih pindah cibubur, dan citra indah blm kita jual krn sayang sbnrnya kita sdh cocok dngan alam dan lingkungan. Membaca blog ini membawa ingatan saya kmbali k 4 thn yg silam, dimana angkutan sbnrnya lbh ribet dr sekarang, plus dulu ada proyek pengecoran jalan cileungsi-jonggol yg membuat stress sampe di ubun2,hehe. Akhir kata kita bw mobil sndri selama 4 thn itu. Dulu kita kalo smpe rumah (sblm pengecoran jalan) bs jm 5.30 karena blm sepadat skrng, stlh pengecoran jln bs jm 9-10 mlm. Dan brngkt jm 5.30 msh bs sampe kntr jm 8 pg. Kalo skrng sy yakin memang tdk bisa, krna sy aj skrng d cbbr brngkt juga jm 5pg, gmn dr sana.

    Bagi kita orang rantau, terkadang memang kangen kemudahan dan kesimpelan tinggal d daerah, orang blng gag tua d jalan. Tapi balik lg, kdng ada alasan2 yg terpaksa membuat kita bertahan dan terus menjalani siksaan dunia ini, hahaha. Seng sabar ya…salam kenal.

    • Wah.. 5.30 pagi berangkat sampe kantor jam 8 pagi? Benar yang ibu sampaikan. Cara paling gampang tinggal bandingkan jadwal Bis Citra sekarang dan dulu.
      Kalo sekarang, alternatif angkutan bisa jadi lebih beragam seperti ada feeder busway dari Harvest, Grand Nusa Indah dan tadi pagi lihat ada bis Grand Mekarsari lewat di Thamrin. Belum lagi bis – bis instansi pemerintah yg bisa juga ditumpangi. Tapi tetap saja, kondisi jalan yang semakin ramai dan padat tidak membuat perjalanan menjadi semakin cepat meski ada banyak pilihan naik kendaraan jika tidak diiringi langkah nyata seperti pelebaran jalan, pembuatan jalan tol atau jalur KRL.

  17. Oya terlewat, sbnrnya ada solusi bagus buat warga CI yg biker, bawa motor sampe cibubur kmdian d titip d penitipan motor wiladatika atau smping cibubur junction, dr sithu alternatif angkutan lebih bnyk lho, bayarny jg murah, sehari cm 3rb.

    • Betul bu. Beberapa teman kantor yang rumahnya sekitar Cikeas – Cileungsi ada yang parkir motor di Wiladatika kemudian nyambung dengan angkutan umum yang lain.
      Entah warga CI, setahu saya pada parkir di Cileungsi dan baru nyambung dari sini.

  18. Salam kenal gan,
    Sy dah hampir 1 bln tinggal d citra indah, suasananya nyaman dan sejuk, tetangganya jg baik2.
    Soal transportasi sih lumayan nyaman tp ongkosnya cukup mahal ya gan, oh ya aku naik feeder yg ke artha gading. sepertinya untuk transportasi kereta hrs cpt direalisasikan krn memang sbg wanita sy ngerasa lbh nyaman dan mungkin bisa lbh murah.
    Untuk agan yg tahu info loker disekitar cibubur dan jonggol tlng email ya ke nuraysah79@gmail.com
    Sy lulusan D3, pengalaman sbg administrasi dan follow up di butik dan garmen.

    Thanx ya gan,

  19. Wah Blog nya sangat menarik sekali sampai Saya baca nya selesai., Anyway kebanyakan penghuni CI mmg kaum urban yg sejayinya jenuh dgn suasana kota yg penuh polusi + kemacetan pula karena berharap dg tinggal di CI akan mendapatkan udara sejuk, Segar tenang dan damai., tapi pada kenyataan nya setiap hari malah hrs menghadapi perjalanan panjang dan kemacetan yg luar biasa setiap hari.Janji Infra struktur baik toll ataupun krl atau bahkan pindahnya pusat pemerintahan ke jonggol yg di suarakan keras di kantor pemasaran dan pemerintah juga hanya angan 2. Saran saya bro tinggal sehari2 di daerah dekat kantor adalah pilihan terbaik krn itulah rutinitas kita dan kita tdk bisa terhindar dr masalah jarak (utk yg kerjaan nya tdk bs remote/vpn), sesekali ke Citra untuk nengokin rumah dan berlibur. Tunggu sampai CI jd sebuah kota yg available utk kaum urban..;) karena sekarang hal itu blm bisa dipenuhi. Anyway saya punya sebuah Unit di Gladiola dan dulu saya sangat memiliki harapan besar untuk dpt menempatinya tp kenyataan nya skr saya hanya sesekali saja datang krn tinggal di sana blm merupakan keputusan yg tepat buat saya.Sayangnya kita hanya bisa berharap pada pemerintah tidak bisa memaksa agar janji2 nya segera di laksanakan.

    • Bener bro. Tol dan KRL sepertinya menjadi domain pemerintah untuk mewujudkan. Citra Indah hanya numpang lewat sebagai bahan promosi untuk kedua fasilitas tersebut. Meski sudah ada beragam info rencana, ane sendiri juga ragu kedua fasilitas transportasi tersebut bakal terwujud dalam waktu dekat. Jonggol juga belum terlalu ramai sehingga mendesak untuk segera dibangun.
      Jika pun ada KRL, katakanlah lewat Cikarang sepertinya akan butuh waktu 1,5 – 2 jam untuk sampai Manggarai kalau dilihat dari jarak tempuhnya.

  20. Wahh ini baru benar – benar info yang menarik. FYI saat baca blog ini paginya kaca spion dah di cium sama temannya “Optimus Prime” alhasil rusak dah. Untuk perumahan ok lha tetapi memang kendala terbesar adalah aksesnya, saya kaget saat di info istri bahwa shuttle buss paling pagi adalah 4.30😦. Tetapi apalah daya sepertinya memang harus mencari alternatif lain seperti yang di pak DeTo diatas (klo ada rejeki) hhehe….

  21. Asyiiikk banger informasinyaaa …

  22. Jonggol adalah proyek satu abad…anak cucu kita lah yang akan menikmati tinggal di sekitar jonggol khusus nya citra indah…

  23. om eko, mau tanya donk klo dari citra indah ke stasiun Nambo naik bus apa? tarifnya berapa? dan brp jam kira2 smp distasiun?
    salam..

    • Sampai sekarang belum ada bis atau angkot yang langsung ke Nambo pak. Info dari grup FB, dari Citra Indah naik angkot 64 ke Cileungsi. Dari sana ganti angkot 64 lagi ke arah Citeureup. Setelah itu ganti ojek atau angkot 64 dari Citeureup dengan tulisan “Victory” yang infonya ke arah stasiun Nambo.
      Kalo mau praktis, yaa naik motor saja ke Nambo pak. Toh jaraknya sekitar 22 – 25 km dari Citra Indah lewat Cileungsi. Sampai sekarang saya belum pernah nyoba naik KRL ke Nambo. Sebab jadwalnya masih sedikit. Utamanya saat pulang kantor, nggak pas jadwalnya.
      Yang kepikiran naik KRL, malah dari Bekasi karena pilihan jadwal banyak. Namun sayang, parkiran mobilnya kayanya cepet penuh.

      • Baiklah, trimakasih om infonya..

  24. Wah blog sampeyan mantaff nih, kebetulan saya tertarik beli di CI krn harganya gak ngawur. Mas nanya nih, berhubung saya gak ada family ato teman yg tinggal disana sbg referensi. Boleh tahu gak kelebihan kekurangan culster2 berikut ini yg sedang di jual. Saya rada bingung mana yg terbaik, selain perbedaan harga yg “real estate dan sederhana”.

    bagaimana dengan :
    1. Lokasi cluster (strategis, gak banjir, keamanan)
    2. Viewnya (pegunungan/gunung).
    3. lebar jalan depan rumah
    4. Yang jarang terdengar bermasalah.

    Diantara cluster tsb yg mana yang sampeyan paling rekomendasikan nilai no 1 ke 4? (syukur2 kalau ada penjelasannya hee)

    Bukit Jasmine (Real Estate)
    Bukit Tectona (Cluster Sederhana)
    Bukit Rosemary (Real Estate)
    Bukit Magnolia (Semi Real Estate)
    Bukit Chrysant (Sederhana)
    Bukit Rosella (Semi Real Estate)
    Bukit Cattleya (Sederhana)
    Bukit Edelweiss (Real Estate)
    Bukit Teratai

    Terima kasih kalu di bantu, 1/2 tahun lalu lalu saya ke sana memang rada bingung milihnya. karena cuman sekali kesana.

    • Wah… jawabnya dari mana yaa… hehehe.
      Coba saya urutkan :
      1. Lokasi strategis, semakin ke depan semakin stratetegis : Urutannya Edelweiss, Rosemary (baru dibangun), Jasmine (belum dibangun). Sedangkan lainnya berada terpisah di belakang dengan jarak sekitar 6 – 7 km untuk sampai gerbang depan CI. Terpisah dari cluster terdekat seperti Jasmine dan Lavender. Memang sih, ada isu di belakang mau ada jalan tol, jalan poros tengah timur, dll tapi belum ada perkembangan berarti.
      Untuk Gak banjir, semua ga banjir. Untuk keamanan, Hampir semua cluster di CI aman.
      2. View : Nah kalo ini kebalikannya, semakin ke belakang semakin berkontur dan pemandangan gunung lebih kelihatan. Meski sebetulnya dari Edelweiss pun sudah kelihatan gunungnya. Beberapa lokasi di Cattleya malah berada di atas dan bisa melihat cluster2 lain di bawah.
      3. Lebar jalan : Kalo ini ada harga ada rupa, dengan kata lain Tipe real estate lebih lebar dari semi real estate dan semi real estate lebih lebar dari sederhana. Kecuali Agan beli rumah di boulevard cluster, yaa ga beda jauh. Real estate dan semi real estate jalan dengan paving block yang menurutku lebih awet dibanding aspal di sederhana.
      4. Yang jarang terdengar masalah : yaa hampir semua jarang terdengar masalah, wong cluster baru semua hehehe. Yang baru dihuni paling cuma Edelweiss, yang lainnya malah baru dibangun atau malah sama sekali belum dibangun.
      Saran sih untuk keamanan, pilih cluster yang tidak berbatasan dengan kampung sebelah, karena biasanya, masih disisakan sedikit buat jalan akses ke kampung meski hanya untuk jalan kaki. Untuk ini, pilihan yang real estate.

  25. Masya Alloh, lengkap sekali pak, sangat membantu sekali untuk bisa memilih di salah satu cluster, utk selanjutnya survey. Semoga semua info bermanfaat di blog sampeyan disini dibalas keberkahan Alloh untuk sampeyan.

    Tapi btw, masak sampai 6-7 km yah, koq perasaan waktu itu saya ke sana deket2 aja ke cluster paling belakang (tahunya dulu Raflesia).

    Sekarang tambah bingung, ternyata kemaren di browsing banyak yg jual second harganya sangat lebih menarik dari Marketing new prices. Belum lagi pagi ini headline koran Kontan, mengabarkan Harga Properti “MULAI TURUN”. wah wah mungkin ada yg punya saran, apa kudu nunggu harga properti bener2 turun atao ini hanya isu.

    Terima kasih Pak, nanti kalo dipikir2 konfirm beli disitu, kalo boleh saya minta no. telp/bbm sampeyan untuk saya bisa bersilaturahmi lebih lanjut.

    • 6 – 7 km itu jarak sampai gerbang Raya Trans Yogie yaa pak. Dari cluster paling belakang yang sekarang di bangun. Dari Rafflesia yang bapak terakhir lihat, kalo melihat ke arah gunung di selatan sekarang sudah ada jalan ke selatan, dan terdapat under pass di sana. Di sekitar under pass inilah sekarang cluster – cluster baru dibangun, kecuali Rosemary dan Jasmine yang terletak di depan Raflesia.

  26. Untuk contact saya, ada email di bagian about.

  27. Mas….itukan sekarang sdh dibuka cluster2 terbaru seperti Tectona. Infra struktur jalannya jg sdh dibuat sampai sdh bertemu dng terowongan fly over (mei 2015) Menurut informasi yg sy gali, ,jalan citra indah tsb nantinya akan terhubung dng gerbang tol gn putri &sentul jg nantinya jalan itu akan menjadi gerbang utama citra indah, apakah betul seperti itu? Dan jalan itu merupakan jalan tol atau jalan biasa? Dan kalau memang betul proyek jalan penghubung tsbt, adakah sekarang ini pengerjaan jalan di daerah Sentulnnya. Terimakasih sebelumnya.

    • Yup.. saya juga dengar gosip tersebut. Sepanjang saya tahu, jalan itu sepertinya untuk rencana jalan poros Tengah Timur seperti ada pada tulisan di atas. Pengerjaan pun sepertinya masih sekitar di sekitar Sentul. Tapi sampai sekarang, setidaknya di sekitar Citra Indah belum ada perkembangan berarti. Apalagi sejak sang bupati ditahan KPK terkait dengan kasus pengadaan tanah untuk jalan ini dengan Bukit Jonggol Asri. Ada juga info jalan tol Cileungsi – Bandung, tapi sepertinya juga bukan prioritas dan belum ada perkembangan berarti. Yang paling bisa diharapkan yaa jalan tol Cimanggis – Cileungsi – Cibitung sebagai bagian JORR 2 yang nantinya melintas di sekitar Taman Buah Mekarsari – Harvest. Kenapa bisa diharapkan? Setidaknya karena tol Cimanggis ke arah Depok, sebagian sudah dibangun.
      Terima kasih.

  28. Salam kenal sebelumnya ya mas…..
    Sepertinya infonya sangat berguna sekali ni mas bagi saya yg akan menjadi warga baru citra indah hehe…., terutama mengenai pembangunan jalan tol & KRL. kebetulan saya sendiri baru saja membeli 1 unit rumah di citra indah.

    sukses terus untuk mas eko…..di tunggu terus ni mas update infonya mengenai citra indah

    Semoga kedepannya kita bisa terus bersilahturahmi ya mas.

    Terima kasih

    • Salam kenal juga Mas Garry…
      Selamat bergabung dengan warga CI,
      Semoga nanti bisa gabung ketawa ketiwi bareng nyusuri jalan pp ke CI hehehe…

  29. Mas Eko, salam kenal..
    Thx banget infonya soal CI.
    Saya beli di Rosemary, sekarang masih dalam tahap pembangunan.
    Memang pas pertama kali kesana, faktor akses jadi kendala banget, macetnya mulai dari turunan flyover sampai metland.
    Tapi pas udah di dalam rasanya ga mau keluar lagi dari sana hahaha…
    Saya akad bulan des 14, smpai mei ini harga sudah 2x naik, padahal rumah blm jadi. Walaupun kadang saya bingung kok banyak sekali rumah yang kosong disana sampai beberapa udah rubuh.

    Untuk info saya tinggal di bekasi dan kalo kesana lewat jalan raya narogong. Itu lebih cepet dibanding masuk dari tol bekasi barat trus exit di cububur. (+/- 1,5 Jam kalo mobil).

    Keep update infonya ya Mas Eko
    Thx.

    • Salam kenal juga Mas Deddy,
      Ga mau keluar dari sana karena krasan atau karena males menjalani ritual macetnya mas? Hehehehe
      Kalo dari arah Bekasi, mending gak usah lewat flyover pak. Dari pertigaan sebelum masuk Cileungsi, ambil ke kiri yang arah Setu. Tidak jauh terus belok kanan masuk Metland. Dari sana tinggal pilih, mau keluar Metland atau nyusuri jalan kampung – lintasi Harvest – masuk kampung lagi untuk kemudian keluar sekitar depan Water Kingdom – Mekarsari. Jalur ini biasa jadi pilihan jika terjadi kemacetan parah antara Mekarsari sampai Cileungsi.
      Tapi kalo saat musim liburan, misalnya tahun baru, alternatif ini juga lumayan padat meski relatif lebih lancar daripada lewat Trans Yogi.

      • Weits mantap nih infonya
        thx banget Mas

  30. waah…makasih ya oom…infonya menarik nih, saya salah satu calon warga Citra Indah nih, keep update ya…mudah-mudahan saya bisa segera jadi warga sana.

  31. Mas, bagaimana kira-kira menurut pendapat mas dengan wacana ini >> http://bisnis.liputan6.com/read/2194615/ada-lrt-cibubur-cawang-hanya-15-menit

    Jika ya, ini akan menjadi salah satu alternatif para penghuni citra indah, setidaknya dari cibubur ke Jakartanya akan sangat memangkas waktu perjalanan😀

    Kabarnya tahun 2018 target mulai beoperari. Semoga proyek ini tidak mangkrak lagi dan cuma jadi proyek pencitraan saja yaa aaammiinn😀

    • Yup, saya juga sudah dengar berita tersebut. Dari semua parameter hanya waktu yang bisa diakali untuk mengatasi masalah jarak. LRT? Mungkin untuk ngatasi Cibubur – Jakarta, tapi jangan lupa.. Jl. Transyogi dari Cibubur sampai Citra Indah juga sudah kondang macetnya lho. Contoh kecil Jumat kemarin, saya harus menempuh waktu 5 jam untuk pulang kantor gara2 ada truk sirtu terguling dekat kota wisata dan macetnya mulai terasa sejak Tol Taman Mini. Padahal bis yang saya tumpangi sudah muter ke arah Jatiwarna, Kampung Sawah dan tembus Mitra 10.
      Satu lagi soal tarif. LRT kalo nggak salah 30 rb. PP berarti 60 rb. Jika kita ke Cibubur naik motor + sampai Jakarta sambung Busway, katakanlah total habis 70 rb per hari. Jika 5 hari kerja, maka sebulan katakanlah sekitar 1,5 jt per bulan atau sekitar 1/2 angsuran KPR ane saat ini hiks… Belum lagi kalo dari Citra pilih angkutan umum, misal angkot pp 22 rb. Bisa 92 ribu per hari… Per bulan, mungkin bisa sampai 2 jt.
      Dengan biaya segitu, kalo saya pilih bawa mobil, parkir di stasiun bekasi (15 rb), naik KRL (pp 6 rb), ke kantor tinggal jalan. Plus bensin mobil, paling habis sekitar 50 ribuan sehari.
      Sebetulnya kalo mau irit, Citra harus berpikir adakan angkutan ke stasiun terdekat entah ke Bekasi atau Nambo. Itu lebih realistis memangkas waktu dan tarif dengan resiko di demo sopir angkot wkwkwkwk…

  32. mas ekoyw,,
    tarif feeder busway dari CI ke Blok M berapa ya?
    kok saya liat di beberapa situs Citra Indah tidak melihat yang menunjukkan tarif, apakah tarifnya negotiable? atau bagaimana?
    mohon pencerahannya dari warga CI yang sudah berpengalaman tentang transportasinya,
    terima kasih.

    • Tarifnya 15 rb mas… Jauh deket. Setahun yang lalu sebelum BBM naik, tarif 14 rb dan tiket pp 26 rb.
      Saat BBM naik sempat 16 rb, kemudian turun lagi jadi 15 rb. Sepertinya sekarang ga ada lagi tiket pp.
      Untuk yang ke Mall Artha Gading dan Kuningan kalo nggak salah 20 rb. Tapi ane blm pernah naik.
      Ane sendiri sekarang jarang naik feeder, utamanya kalo pulang kantor. Maklum… seringnya kalo nunggu di Semanggi bakalan berdiri karena sudah penuh hehehehe…

  33. Gan numpang nanya.. di kata teman ane,di Citra Indah katanya sekarang di bangun Mall Citra Indah ya? apakah betul proses pembangunan mallnya sedang berjalan? ane ada rumah di sana di bukit agave tapi sudah 5 tahun saya tinggal, kalau memang betul ini jadi kabar baik, harga rumah jadi naik nih gan : ) terimakasih sebelumnya Gan..

    • Masih rencana bro…
      Yang jelas tahun ini selesai itu gerbang depan dan pengaspalan jalan boulevard di depan.
      Untuk mall, gosip yang berhembus akan nempati lokasi ex Sekolah Citra Berkat yang akan dipindah ke belakang dengan Sekolah Cikal Harapan, persis bersebelahan dengan Agave.
      Isunya sih tahun ini mulai dibangun dan beberapa tenant sudah tertarik seperti Giant dan Hypermart, tapi di lapangan belum ada pembangunan.

      • saya juga sempat dengar kalau sekolah citra berkat bakal dipindah dan lokasinya akan dibangun mall citra indah, lumayan kalo pengen ngemall ga perlu jauh2 ke perumahan sodara hehe..

        ngomongin feeder, dulu saya pernah ke citra indah dari ratu plasa, rencananya pengen nyobain bus citra indah, setelah sekian lama nunggu akhirnya nongol juga, tapi pas mau dicegat eh kok nyelonong aja gak mau berhenti, apa sudah penuh kali ya hehe.. akhirnya naik aptb deh sampe fly over cileungsi lanjut pake angkot.. maaf sekedar cerita aja😀 ..

  34. Hallo gan,
    Salam Kenal, Artikel yg bagus dan kreatip.
    Ane baru beli rumah di bukit alamanda bulan kemaren, kemungkinan bakalan di kontrakin. Karena ane masih tinggal di luar negri dan ada kemungkinan akan pulang 3 thn lagi ( walaupun kecil kemungkinannya). Nanya gan, apa dlm kurung 3 thn tol, mall dan KRL bakalan ada kemajuan yg berarti. Segitu aje gan nanyanye, soalnya lagi kerja.🙂
    Makasih gan atas info dan jawabannya, semoga berkah..AMinn.

    Wassalam.

    • Mas mas keren banget informasinya.. kebetulan saya lagi mau ada renncana beli rumah di sana untuk investasi (tidak di tinggali).. tpi dengan komentar transportasinya yang sangat minim ke sana.. apakah saya tetap beli di citra indah? mohon sarannya agan agan.. trima kasih

      • Nah… kalo yang itu, terserah agan… hehehe. Di luar masalah transport, CI itu luas sekali lho, jarak dari depan ke belakang bisa 6 -7 km atau sekitar separoh jarak Cibubur – Cileungsi. Saya membayangkan jika kelak semua cluster telah terbangun dan benar – benar menjadi kota sendiri, apa ga kebangetan kalo sisi transportasinya juga tidak dibangun mengikuti perkembangan CI?

  35. Info yang menarik
    sekarang saya ditawarin juga produk ciputra yang lain di daerah maja tangerang
    jaraknya juga jauh sekitar 1.5 jam kl naik krl katanya sampai tanah abang
    jadi klo tempatnya jauh dari tanah abang tinggal dihitung saja waktunya sampai ke tempat kerja
    akses jalan nya juga lagi dalam tahap pengembangan
    setelah mendengar keluh kesah perumahan ciputra di cibubur
    jadi masih mikir2 apakah tetap membelinya atau tidak

    • Yup… pernah dengar juga Ciputra bangun perumahan baru di Maja. Saya belum pernah kesana tapi sepertinya lokasinya dekat dengan stasiun KA. Mungkin secara akses, akan lebih pasti waktu tempuhnya dengan naik KRL daripada jaringan jalan yang rawan macet.

  36. salam kenal, saya juga masih nunggu progress unit di Chrisant selesai di bangun nih..
    Bikin petisi aja pak biar developer mau memperbaiki sisi transportasi untuk warganya, sehingga janji2 marketing dalam pemasaran unit nya bisa paling tidak di follow up ke Pemeirntah setempat dan pihak terkait. hehehe…

    Untuk Citra Maja emang sebelah2an dg stasiun, makanya harga sedikit lebih tinggi dari CI, tp entah kenapa kok saya lebih sreg di CI walopun amat sangat jauh dari kantor (kantor saya deket Terminal Pasar Senen, Jakpus).

    • Sekitar awal bulan ini saya ke Balaraja Tangerang. Sepanjang jalan terpampang baliho Citra Maja. awalnya kirain mantap nih, jalanan lebar tapi setelah belok ke arah Cisoka, jalanan menjadi menyempit bahkan sepertinya lebih sempit dibanding Jl Cileungsi – Citra Indah. Dan macet di perempatan Cisoka. Dari sini, Citra Maja katanya masih 11 – 12 km lagi.
      Petisi…??? Wah… saya malah belum terpikir sejauh itu hehehe

  37. halo..gan..slm.kenal.. saya juga penghuni baru di CI.. tp msh bru rencana mau tinggl disana.tp memng transportasi nya yg sgt mnghawatirkan. untuk sekarang sy tinggl di bksi biasa nya suami saya berangkt kerja naik jmputn deket MM kbtulan suami saya kerja di KARAWANG. klo dr bksi enk deket. tp klo tinggal di CI transportasi yg tepat apa. ? sdgkn klo di bekasi aja suami sy jmputnnya brgkt jam 05.45. dan harus sampai pabrik jam 7. mhn solusiny ? krn orgtua kami khawatir sekali dgn kondisi yg jauh. thanks

    • Waduuuh… saya belum pernah berangkat/pulang kerja ke Karawang. Setahu saya, tidak ada angkutan langsung ke sana.
      Paling gampang yaa suami ibu naik motor ke Lippo Cikarang dan naik bis jemputan dari sana. Jalur ini yang sering bikin kesal karena macetnya adalah sekitar Pasar Serang. Kalo bawa mobil, bisa 1 – 1,5 jam untuk tembus Citra Indah – Lippo Cikarang. Utamanya saat pulang kerja, misalnya Sabtu sore seperti yang pernah saya alami.

  38. Mas Eko, itu yang di gerbang depan yang tadinya buat masang reklame CI sudah dirubuhin ya. Wah kayanya jadi tuh mau dibuat patung kuda. Aseeek….
    Tinggal Mall nya yang belum ada bau2nya kapan dibangun haha..
    Saya kesana mingu kemaren nyobain rute lewat cibarusah. Lumayan 1 jam sampe ke exit tol bekasi barat. Cuma memang kayanya hari minggu kemaren jalanan relatif sepi ya.

    • Iya mas bro… gerbang depan sekarang sudah buat kuda nongkrong. Sementara untuk gerbang masuk, kudanya belum naik ke atas. Masih diberi makan di bawah sambil didandani hehehe..
      Soal Mall…. nah ini yang masih gelap😀
      Wah.. berarti pas lewat Cibarusah, sampeyan ga terkena macet di sekitar pasar Serang. Kalo pas macet… yaa bisa 1 – 2 jam lebih untuk sekedar sampai Lippo Cikarang.
      Tapi kalo hafal jalan tikus, harusnya bisa dari Cibarusah – Setu – Tambun – Bekasi….tapi saya pernah tersesat dan harus offroad di sekitar Cibarusah – Setu😀

  39. Ditunggu artikel kiriman artikelnya di http://www.citraindah.org

    • Lha kok masih kosong situsnya ??

  40. Saya gak sengaja baca berita kalo stasiun Nambo cileungsi tepatnya belakang mekarsari sudah di hidupkan kembali KRL Nambo-Duri atau Nambo-Manggarai, saya rasa ini kabar baik buat alternatif warga Citra Indah yg kerja di Jakarta.
    Jd bisa titip motor di stasiun nambo selanjutnya naik kereta gak perlu jauh2 ke Dekasi atau ke Depok kalo mau naik KRL ke Tangerang atau Jakarta
    adakah yang udah mencoba? kalo sudah bisa di share di sini : )
    thanks sebelumnya untuk pak Eko dan teman2 semuanya…

  41. Siang,
    Wah banyak ya disini yang jadi calon penghuni CI, saya malah udah jadi mantan penghuni CI :p, suami udah ambil perumahan ini lama sekitar 5/6 tahun kebelakang, namun karena terlalu jauh ke tempat kerja suami (jaksel) jadinya nih rumah nanggur lama dan sudah kami over kreditkan, agak nyesel memang karena rumah dan tanah adl barang investasi masa depan dan cicilan di CI relatif terjangkau,,,

  42. Pak Eko, tahun 2016 ini bagaimana update mengenai transportasinya? Kalau kantor di Kuningan, baiknya naik bis feeder jam berapa pak dari Citra Indah? Kira2 waktu tempuh dari CI ke JKT (komdak, dll) dan sebaliknya di th 2016 ini brp lama? Trimakasih

    • sama nih bu sofia istri saya kerja di rasuna said kuningan,.masuk kerja jam 7.30-8.00 naik apa yah kalau dari citra indah?

    • Kalo dari CI, ada feeder ke Kuningan. Berangkat dari CI jam 06.00. Yaaa sekitar 2-3 jam untuk sampai Kuningan. Kalo takut telat, bisa naik feeder2 sebelumnya ke Grogol/Blok M dan turun di Komdak.
      Untuk pulang, feeder ini berangkat sekitar jam 17.30 dari Mall Ciputra.

  43. kalau dari CI – Bintaro transportasinya bagaiamana ya mas, mantabs blognya selalu saya baca….

    • Nah… ini dia yang saya ga tau mas. Kayanya harus nyambung2 dulu dari Blok M atau Kp Rambutan – Lebak Bulus yaa.

      • iya mas, saya dibukit gardenia, sampai sekarang belum ditempati dikarenakan blm ketemu jalur yang pas angkutan umumnya…

  44. Saya berencana mau ambil dibukit Matoa, minta masukannya bukit tersebut bebas banjir dan bahaya tidak karena dekat dengan sutet / tanggul…

  45. Halo Mas Eko,
    Numpang ngiklan ya🙂

    Saya berencana untuk menyewakan/menjual rumah Saya di cluster rosemary (LB/LT 52/200).
    Kalo ada yang berminat bisa japri ya
    email : deddynovriadi@gmail.com
    WA : 0815 685 2149


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: